Pemkab Kotim Bekerja Keras Perjuangkan Listrik Masuk Desa

Pemkab Kotim Bekerja Keras Perjuangkan Listrik Masuk Desa

KLIK.SAMPIT – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, harus bekerja ekstra memperjuangkan listrik masuk desa di seluruh daerah itu. Dalam waktu dekat Bupati Kotawaringin Timur, Halikinnor, akan ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan, terkait masalah kelistrikan ini. 

“Ini merupakan tugas dan beban berat kami, bersama Wakil Bupati dan jajaran, supaya di Kotim seluruh desanya bisa teraliri jaringan listrik,” kata Halikinnor, belum lama ini. 

Untuk mengupayakan agar jaringan listrik segera masuk ke desa yang hingga kini belum teraliri listrik, Halikinnor dalam waktu dekat ini berencana akan menemui General Manager (GM) PLN Unit Induk Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. 

“Dalam waktu dekat saya akan ke Banjarmasin untuk menemui GM PLN,” ucapnya. 

Tujuan Halikinnor menemui GM PLN di Banjarmasin untuk menanyakan terkait jaringan listrik masuk desa di Kotim apakah ada anggaran dari PLN atau tidak.

Dirinya ingin agar seluruh warga desa di Kotim bisa menikmati penerangan listrik. Sehingga jika memungkinkan, Halikinnor ingin jaringan listrik itu dianggarkan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kotim. 

“Kalau memang tidak ada anggaran PLN, boleh tidak dari APBD untuk menganggarkan jaringan listrik itu, yang penting masyarakat bisa menikmati penerangan listrik karena itu sudah merupakan kebutuhan dasar,” ungkapnya. 

Hingga saat ini masih tersisa 42 desa yang belum teraliri listrik di Kotim. Warga desa yang belum teraliri listrik umumnya masih mengandalkan lampu pelita atau teplok sebagai penerangan di malam hari. 

Bagi masyarakat, listrik sudah menjadi kebutuhan primer di era milenial saat ini. Dengan adanya PLN masuk desa, masyarakat akan merasakan manfaat dan kemudahan yang signifikan. Misalnya saja anak-anak usia sekolah dapat dengan mudah belajar di malam hari. Dengan adanya PLN masuk desa diharapkan mampu mendorong peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat. 

Sementara itu belum lama tadi Bupati Kotim telah meresmikan secara langsung jalur listrik PLN Dusun Balupu RT 05 Desa Bagendang Tengah Kecamatan Mentaya Hilir Utara. Jaringan listrik tersebut bisa terealisasi berkat sinergitas maupun koordinasi antara pemerintah desa dengan perkebunan di wilayah kecamatan setempat. (KLIK-RED)




Sumber: https://www.klikkalteng.id/baca/2022/09/07/79300/pemkab-kotim-bekerja-keras-perjuangkan-listrik-masuk-desa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 Sampit

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2016-2022 Sampit.ID