Pemkab Kotim Akan Berikan Pelayanan KB Gratis

Pemkab Kotim Akan Berikan Pelayanan KB Gratis

SAMPIT – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Timur (Kotim) memperingati Hari Kontrasepsi Sedunia. Kegiatan tersebut dipusatkan di Kantor Kecamatan Telawang. Pelayanan KB gratis menjadi salah satu kegiatan yang digelar pada momen tersebut.

“Pada momen peringatan Hari Kontrasepsi Sedunia ini selain ada penyuluhan KB dan kesehatan reproduksi , kami juga melaksanakan pelayanan KB MKJB,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPPAPPKB) Kotim Suparmadi, Jumat 21 Oktober 2022.

Disebutnya, sebanyak 76 orang akseptor implan dan 18 akseptor IUD. Pemasangan KB itu dilaksanakan di aula Kecamatan Telawang, Simpang Sebabi. Dirinya menilai, dengan pelayanan KB ini, perempuan dapat menentukan jumlah,waktu dan jarak kelahiran anak.
“Manfaatnya tidak hanya mencegah kehamilan yang tidak diinginkan tetapi mencegah kematian atau kecacatan pada ibu hamil,” terangnya.

Sementara Asisten I Setda Kotim Diana Setiawan mengungkapkan dengan berKB, perempuan dapat merencanakan keluarga, mereka banyak memliki kesempatan untuk mewujudkan potensi mengejar pendidikan dan berpartisipasi serta berkontribusi pada ekonomi yang mengarah kepada masyarakat lebih sejahtera, stabil dan adil.

“Penggunaan kontrasepsi tidak hanya bertujuan untuk mengendalikan kelahiran tapi juga untuk memperkuat hak-hak perempuan dalam menentukan sendiri kapan mereka siap hamil bagaimana mempersiapkan kehamilan dan menjaga kesehatan selamat kehamilan,” ucapnya.

Sehingga dapat melahirkan generasi baru yang berkualitas menggunakan kontrasepsi. Artinya membuat perencanaan pengaturan dan pertanggungjawaban terhadap anggota keluarga. Karena banyak anak dikaitkan dengan kemampuan ekonomi ini, terkait dengan bagaimana membesarkan anak untuk meraih cita-citanya.

“Pribadi tangguh lahir dari keluarga sejahtera yang mana kedua orang tuanya bahagia. Itu akan mampu menjadi orang tua yang peduli dan anak-anaknya akan tumbuh percaya diri,” tutupnya.

(dev/matakalteng.com)


Sumber: https://www.matakalteng.com/daerah/kotawaringin-timur/2022/10/21/pemkab-kotim-akan-berikan-pelayanan-kb-gratis

Leave a Reply

Copyright © 2022 Sampit

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2016-2022 Sampit.ID