Pemkab Bone Uji Coba Aktivasi KTP Digital, Mulai dari Pegawai Disdukcapil

Pemkab Bone Uji Coba Aktivasi KTP Digital, Mulai dari Pegawai Disdukcapil

Bone

Pemkab Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel) mulai melakukan uji coba aktivasi kartu tanda penduduk (KTP) digital. Penerapannya dilakukan secara bertahap yang dimulai untuk pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil).

“Ini kita baru uji coba dulu di pegawai Dukcapil,” tutur Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bone Andi Saharuddin saat ditemui detikSulsel, Jumat (5/8/2022).

Diketahui, digitalisasi KTP ini untuk memudahkan mengakses data diri lewat smartphone. Dalam uji cobanya, penerapan KTP digital masih terkendala belum terbacanya data lewat scan barcode.

Ada pegawai yang berhasil mengakses, ada juga yang gagal karena tidak terbacanya QR Code. Pihak Disdukcapil Bone akan komunikasikan dengan Dukcapil Provinsi Sulsel terkait petunjuk teknisnya (QR Code).

“Segera akan kami perbaiki sebelum ke masyarakat. Scan Barcode itu sangat penting karena setelah input data langsung ada scan barcode-nya muncul, dan di kantor capil harus dilakukan scan sebagai verifikasi,” bebernya.

Saharuddin menambahkan, tujuan scan barcode itu untuk memastikan apakah orang yang datang betul-betul pemiliknya. Jangan sampai orang lain yang menggunakan NIK-nya.

“Itu gunanya scan barcode sebagai pengaman. Ketika berhasil diverifikasi di capil, semua langsung update di aplikasi. Selain itu jaringan internet harus bagus,” imbuhnya.

Sementara untuk menggunakan fasilitas KTP digital ini warga wajib memiliki ponsel berbasis android dan akses internet, untuk melakukan validasi data. Kemudian mengunduh aplikasi Identitas Kependudukan Digital di playstore.

“Kita memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK), email, nomor telepon. Setelah itu melakukan swafoto dan registrasi. Kemudian minta QR Code yang ada di Disdukcapil untuk disinkronkan,” sebutnya.

Saharuddin juga menyampaikan, target untuk pemerintah pusat memang mengarah ke KTP digital. Sasaran pertama pegawai Dukcapil seluruh Indonesia, kemudian beralih ke seluruh ASN, setelah itu rampung baru berpindah ke universitas, dan masyarakat umum.

“Tujuannya kita melakukan KTP digital untuk memudahkan identitas itu agar tidak gampang hilang, dan mudah untuk diakses. Kalau dalam jajaran Dukcapil bulan ini sementara berproses semua,” katanya.

Saharuddin berharap sarana dan prasarana pendukung penerapan KTP digital ini bisa segera disiapkan. Sebelum efektif diterapkan, Pemkab Bone akan menggelar launching KTP digital secara resmi.

“KTP Digital ini akan kita launching nanti. Hanya saja setelah selesai semua pegawai capil. Kita harap secepat bisa beralih ke KTP Digital. Lebih cepat lebih baik,” jelas Saharuddin.

Sebelumnya Dirjen Dukcapil Kemendagri Prof Zudan Arif Fakrullah menuturkan, di dalam aplikasi KTP digital, terintegrasi dengan aplikasi PeduliLindungi, NPWP, data ASN, terintegrasi juga dengan DPT.

“Kalau KTP digital sudah ada di HP masing-masing. Hanya mengunduh aplikasi Identitas Kependudukan Digital di playstore. Sepanjang bawa HP sisa menunjukkan saja, karena ada QR Code-nya,” sebut Zudan dalam kunjungan kerjanya di Bone, Kamis (28/7) lalu.

Simak Video “Pelabuhan Bajoe Bone Sulsel Masih Sepi Pemudik
[Gambas:Video 20detik]
(sar/asm)


Sumber: https://www.detik.com/sulsel/berita/d-6219200/pemkab-bone-uji-coba-aktivasi-ktp-digital-mulai-dari-pegawai-disdukcapil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 Sampit

Subscribe dan Like!

Dapatkan informasi terbaru tentang Sampit secara realtime!

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2017 Sampit.ID