NIK terduga peleceh seksual di KA dimasukkan dalam daftar hitam

NIK terduga peleceh seksual di KA dimasukkan dalam daftar hitam

Saya baru tahu pelecehan itu setelah ada video yang viral.

Purwokerto (ANTARA) – Perseroan Terbatas Kereta Api Indonesia (PT KAI) telah mengambil tindakan tegas dengan memasukkan nomor induk kependudukan (NIK) terduga pelaku pelecehan seksual di kereta api ke dalam daftar hitam sehingga yang bersangkutan tidak boleh untuk naik KA.

Terkait dengan kasus tersebut, PT KAI Daerah Operasi 5 Purwokerto terus menggencarkan kegiatan kampanye antipelecehan seksual di stasiun maupun di dalam kereta api.

Kegiatan kampanye antipelecehan seksual tersebut digelar di Stasiun Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Rabu, yang diisi dengan talkshow sebagai ajang sosialisasi, pemasangan spanduk/poster, serta pembagian buket bunga kepada sejumlah perempuan pelanggan kereta api.

Talkshow yang menghadirkan Kepala PT KAI Daop 5 Purwokerto Daniel Johannes Hutabarat, Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Kabupaten Banyumas Siti Tarwiyah, Kepala Unit PPA Satuan Reserse Kriminal Kepolisian Resor Kota Banyumas Ipda Metri Zul Utami, dan Kondektur KA Argo Lawu Wisnu Dwi Prasetya.

Talkshow tersebut dilatarbelakangi oleh kasus dugaan pelecehan seksual yang dialami oleh seorang perempuan penumpang KA Argo Lawu relasi Solo Balapan-Gambir pada tanggal 19 Juni 2022 dan secara kebetulan kondektur yang bertugas saat itu adalah Wisnu Dwi Prasetya.

Saat ditemui di sela kegiatan, Kepala PT KAI Daop 5 Purwokerto Daniel Johannes Hutabarat mengatakan bahwa kampanye antipelecehan seksual tersebut merupakan yang kedua kalinya digelar di lingkungan KAI Purwokerto dengan tujuan menggugah kesadaran masyarakat agar tidak melakukan tindak kekerasan dan pelecehan seksual di transportasi umum, khususnya kereta api.

“Sebelumnya, kami menggelar kegiatan semacam ini pada bulan Februari 2022. Kampanye ini penting untuk mengajak kepada masyarakat supaya ketika menggunakan layanan KAI tetap saling menghargai dan menghormati sesama pelanggan,” katanya.


Sumber: https://www.antaranews.com/berita/2966869/nik-terduga-peleceh-seksual-di-ka-dimasukkan-dalam-daftar-hitam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 Sampit

Subscribe dan Like!

Dapatkan informasi terbaru tentang Sampit secara realtime!

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2017 Sampit.ID