Nama dicatut Parpol, sejumlah warga melapor ke Bawaslu – kicknews.today

Nama dicatut Parpol, sejumlah warga melapor ke Bawaslu – kicknews.today

kicknews.today – Jadwal pelaksanaan kegiatan verifikasi administrasi keanggotaan Partai Politik (Parpol) calon peserta Pemilu tahun 2024 tingkat Kabupaten/Kota masih berlanjut hingga 3 September 2022. Terhadap hal tersebut, Komisi Pemilihan Umum Kota Bima mengajak masyarakat Kota Bima untuk melakukan pengecekan secara mandiri terhadap Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada laman infopemilu.kpu.go.id.

Langkah itu guna memastikan, apakah NIK warga tersebut terdaftar sebagai anggota Partai Politik pada Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL) atau tidak. Jika terdaftar dan merasa keberatan, warga bisa melapor.

Ketua KPU Kota Bima, Mursalin menjelaskan, sosialisasi pengecekan NIK pada infopemilu.kpu.go.id tersebut dilaksanakan sebagai bentuk langkah dini, untuk meminimalisir terjadinya kesalahan data. Ia berharap, masyarakat bisa lebih aktif untuk melakukan pengecekan mandiri. Karena langkah-langkah pengecekannya sangat mudah.

“Klik laman infopemilu.kpu.go.id, kemudian klik menu Cek Anggota Parpol. Selanjutnya akan muncul kolom pengetikan NIK. Setelah itu, anda mengetik NIK dan mencentang pada kolom I’m not a robot,” jelas Mursalin.

Apabila NIK tersebut tidak terdaftar dalam aplikasi SIPOL, maka akan muncul keterangan bahwa NIK dimaksud tidak ada dalam SIPOL. Tetapi, apabila NIK tersebut ada dalam SIPOL, maka akan muncul keterangan NIK ada dalam SIPOL.

“Jika masyarakat keberatan karena merasa bukan anggota Parpol mana pun, maka yang bersangkutan bisa melanjutkan pengisian pada menu tanggapan,” ujar Mursalin. 

Sejak dilakukan kegiatan vermin keanggotaan Parpol sejak 16 Agustus lalu, hingga saat ini KPU Kota Bima telah menerima sejumlah nama masyarakat yang melakukan pengaduan ke Bawaslu Kota Bima. Mereka merasa bukan sebagai anggota Parpol, namun terdaftar dalam SIPOL. Terhadap nama-nama tersebut, berdasarkan arahan dari KPU Provinsi NTB, datanya dikirim ke KPU RI melalui KPU Provinsi NTB secara kolektif.

“Untuk nama masyarakat yang diduga dicatut tersebut, sudah kami teruskan ke KPU RI melalui KPU NTB,” tegas Mursalin.

Ditambahkan Mursalin, untuk rincian kegiatan vermin keanggotaan Parpol tingkat Kabupaten/Kota, kegiatan verifikasi administrasi oleh tim verifikator berlangsung dari 16 Agustus sampai 3 September 2022. Kemudian, masa tindak lanjut oleh Parpol terhadap hasil vermin KPU Kota Bima, berlangsung dari tanggal 19 Agustus sampai 3 September 2022.

Selanjutnya, KPU Kota Bima akan melakukan verifikasi terhadap hasil tindak lanjut oleh Parpol pada 4 dan 5 September 2022. Sekaligus melakukan klarifikasi secara langsung terhadap anggota Parpol yang belum dapat ditentukan statusnya.

Kemudian, tanggal 7 dan 8 September 2022, KPU Kota Bima akan menyampaikan hasil verifikasi administrasi dokumen persyaratan keanggotaan Parpol kepada KPU Provinsi NTB melalui SIPOL.

“Jadwal ini berdasarkan KKPU Nomor 39 Tahun 2022,” tutup Mursalin. (jr) 

Editor: Juwair Saddam

Laporkan Konten


Sumber: https://kicknews.today/peristiwa/nama-dicatut-parpol-sejumlah-warga-melapor-ke-bawaslu/

Leave a Reply

Copyright © 2022 Sampit

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2016-2022 Sampit.ID