Minggu Depan Pasar Murah Gas LPG Ada Lagi di Sampit

Minggu Depan Pasar Murah Gas LPG Ada Lagi di Sampit

SAMPIT – Penyumbang terbesar inflasi di Kota Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) yakni gas LPG, untuk itu pemerintah setempat aktif menggelar pasar murah gas LPG, bahkan minggu depan pasar murah akan kembali digelar.

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan pemerintah daerah, Alang Ariyanto mengatakan, yang pertama pihaknya mencoba menggandeng pangkalan-pangkalan yang ada di Kota Sampit.

“Nanti pasar murah kemungkinan kita gelar lagi bekerjasama juga dengan pemerintah provinsi, karena Sabtu ini jika jadi jadwalnya, Wakil Bupati dan Setda Provinsi datang untuk melakukan pasar murah,” ujar Alang, Jumat 23 September 2022.

Karena pertimbangan penyumbang inflasi ujarnya, maka pihaknya merencanakan bagaimana kebijakan termasuk LPG bisa tidak memberatkan masyarakat. Karena HET cuma Rp 22 ribu untuk LPG melon, namun di pasaran ada yang sampai Rp 35 hingga Rp 40 ribu.

“Ini nanti mungkin ada tim yang turun untuk memantau itu, untuk mengetahui apa kendalanya dalam penyaluran gas subsidi ini. Sementara untuk harga yang dijual di atas HET di pangkalan, kita maklumi kalau naiknya hanya seribu atau dua ribu, mungkin untuk biaya bongkar muat dan lainnya,” tegasnya.

Akan tetapi kalau selisihnya sampai Rp 40 ribu berarti ada kendala lain, ini yang nantinya akan pihaknya evaluasi. Bahkan untuk tim menurutnya sudah siap, tinggal menunggu ketika selesai pasar murah, pihaknya melihat terlebih dahulu respon masyarakat.

“Bagaimana respon pedagang-pedagang setelah melihat kita menjual sesuai HET, apakah masih menjual dengan harga mahal. Kalau masih baru nanti ada evaluasi dari kegiatan kita,” tegasnya.

Sementara itu salah seorang warga Usup mengatakan, ia tidak pernah membeli gas melon sesuai dengan HET. Bahkan dipangkalan yang sudah terpasang plang HET tetap menjual di atas HET, apalagi di warung-warung.

“Bahkan saya pernah mau beli di pangkalan itu tidak mau dijual, artinya ada sesuatu ini. Padahal saya warga yang dekat dengan pangkalan, harusnya bisa dijual dengan saya. Apalagi saya cuma beli satu saja,” ungkapnya.

Ia juga meminta, agar pemerintah melalui instansi terkait melakukan sidak langsung ke pangkalan-pangkalan yang melanggar aturan tersebut, agar masyarakat yang benar-benar memerlukan gas subsidi itu dapat bagian di pangkalan.

(dia/matakalteng.com)


Sumber: https://www.matakalteng.com/daerah/kotawaringin-timur/2022/09/23/minggu-depan-pasar-murah-gas-lpg-ada-lagi-di-sampit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 Sampit

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2016-2022 Sampit.ID