Meski Lama Vakum, Pemkab Kotim Optimistis Juara Umum di FBIM tahun 2022

Meski Lama Vakum, Pemkab Kotim Optimistis Juara Umum di FBIM tahun 2022

SAMPIT – Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng), kini kembali digaungkan setelah 2 tahun ditiadakan akibat pandemi. Tentunya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Timur (Kotim) tidak mau ketinggalan memeriahkan kegiatan ini. 

Bahkan disebutkan oleh Bupati Kotim Halikinnor, Bumi Habaring Hurung berniat dan optimis menjadi juara umum dalam pagelaran yang masuk dalam agenda tahunan Pemprov Kalteng tersebut. “Hari ini kami melepas kontingen yang akan mengikuti Festival Budaya Isen Mulang. Saya berharap kontingen kita bisa memberikan yang terbaik untuk Kotim, ” katanya usai melepas kontingen Kotim di halaman Pemda setempat, Jumat 13 Mei 2022.

Lanjutnya, puluhan peserta yang dikirim ke Palangkan Raya merupakan orang pilihan dan berprestasi. Sehingga dirinya optimistis Kotim akan menjadi juara umum pada kegiatan tersebut. Ditambahkan, dirinya bersyukur kegiatan yang dapat memperkenalkan kesenian dan kebudayaan Kalteng khususnya Kotim kepada anak muda ini dapat kembali digelar. Hal ini lantaran pandemi Covid-19 telah mengalami penurunan secara signifikan di wilayah ini. 

“Selama Covid-19, kegiatan ini memang vakum. Alhamdulillah dengan menurunnya kasus, kegiatan ini dapat diselenggarakan lagi dan mudahan pandemi jadi endemi. Sehingga semua kegiatan bisa berjalan normal. Saya juga berpesan kepada semua peserta untuk menjaga kesehatan dan jaga kekompakan,” tuturnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kotim, Ellena Rossi menerangkan, peserta yang berpartisipasi dalam kegiatan itu berjumlah 45 orang terdiri dari 5 cabang lomba, yakni lomba putra-putri pariwisata dengan jumlah 1 putri dan 1 putra dengan pendamping sebanyak 3 orang, Bagasing terdiri dari 3 putra dan 3 putri dengan 2 pendamping. 

Menyipet terdiri dari 3 putra dan 3 putri dengan 2 pendamping, mangenta berjumlah 4 orang dengan jumlah 2 pendamping, tari daerah sebanyak 19 orang dengan pendamping 1 orang. 

“Kita hanya mengikuti 6 cabang lomba yang kita nilai strategis dan selalu dimenangkan Kotim setiap festival budaya ini. Jadi karena biasa juara, saya menghendaki tahun ini juara umum. Peserta kita juga sudah latihan dengan rutin, sehingga saya optimis menang,” tutupnya.

(dev/matakalteng.com) 


Sumber: https://www.matakalteng.com/daerah/kotawaringin-timur/2022/05/13/meski-lama-vakum-pemkab-kotim-optimistis-juara-umum-di-fbim-tahun-2022

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 Sampit

Subscribe dan Like!

Dapatkan informasi terbaru tentang Sampit secara realtime!

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2017 Sampit.ID