Meresahkan, Orang Utan Rusak Sawit Warga di Kelurahan Pasir Putih

Meresahkan, Orang Utan Rusak Sawit Warga di Kelurahan Pasir Putih

NARDI/BERITA SAMPIT – Heriyanto saat menunjukkan kondisi pohon sawit miliknya yang telah rusak akibat gangguan orang utan.

SAMPIT – Sawit milik petani di Kelurahan Pasir Putih, dirusak Orang Utan, akibat kejadian ini petani dibuat resah karena mereka harus alami kerugian.

Heriyanto warga Jalan Jenderal Sudirman Km 18 Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan MB Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Provinsi Kalimantan Tengah mengeluhkan pohon sawit miliknya yang sudah mulai besar dirusak oleh Orang Utan.

“Beberapa pohon milik saya dirusak oleh Orang Utan beberapa waktu lalu,” kata Heriyanto pada, Minggu 4 September 2022.

Menurut Dia, bahwa hal tersebut merugikan dan berharap agar Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) setempat segera menangkap Orang Utan yang berkeliaran.

Sebagai warga, lanjut dirinya tidak bisa berbuat banyak karena Orang Utan adalah satwa yang dilindungi. Disisi lain juga Orang Utan tersebut cukup besar dan sangat membahayakan jika bertemu dengan manusia.

“Serba salah, kita tidak bisa berbuat apa-apa, dibiarkan sawit saya habis, makanya saya berharap pihak terkait segera menangkapnya,” ucapnya.

Tidak hanya milik Heriyanto saja yang dirusak, namun Orang Utan juga banyak merusak milik warga lainnya, dan diduga Orang Utan masuk ke wilayah pemukiman warga dikarenakan habitat aslinya telah banyak rusak.

“Ada seekor saja Orang Utan itu, pernah beberapa kali ketemu, besar sekali, karena tidak ada tempat cari makan lagi sepertinya sawit yang jadi sasaran,” tegasnya.

Kata Heriyanto akibat kejadian itu dirinya harus rugi banyak, mulai dari biaya beli bibit hingga perawatan karena umur tanam sawit miliknya sudah hampir setahun. (Nardi).

(Visited 6 times, 6 visits today)




Sumber: https://beritasampit.co.id/2022/09/04/meresahkan-orang-utan-rusak-sawit-warga-di-kelurahan-pasir-putih/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 Sampit

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2016-2022 Sampit.ID