Menjelang Idul Adha Ketersediaan Hewan Kurban di Kalteng Dipastikan Aman

Menjelang Idul Adha Ketersediaan Hewan Kurban di Kalteng Dipastikan Aman

PALANGKA RAYA – Ketersediaan hewan kurban di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menjelang Idul Adha yang jatuh pada bulan Juli mendatang dipastikan aman dan tercukupi. 

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan (TPHP) Provinsi Kalteng, Riza Rahmadi dalam press rilis yang dilaksanakan di ruang rapat Bajakah Kantor Gubernur Kalteng, Rabu (29/6/2022). 

“Jadi ketersediaan hewan kurban kita cukup, karena untuk wilayah Palangka Raya, Kotawaringin Timur dan Kotawaringin Barat bisa dikatakan surplus untuk hewan kurban seperti sapi. Jadi kita imbau untuk daerah lainnya diharapkan dapat mengambil hewan untuk kurban di tiga wilayah tersebut,” ucap Riza. 

Dikatakan Riza bahwa, setelah melakukan pemantauan beberapa waktu yang lalu, untuk hewan kurban sapi lokal di ketiga wilayah tersebut dipastikan sudah aman dari penyakit mulut dan kuku (PMK). 

Karena petugas dari instansi terkait sudah memfilter hewan-hewan ternak seperti sapi, yang memenuhi syarat untuk dapat dijadikan sebagai hewan kurban. 

“Terkait dengan harga, bisa dikatakan berbeda dan mengalami kenaikan. Itu karena sesuai aturan sapi-sapi yang masuk Kalteng harus dikarantina, sehingga ada biaya tambahan lagi disitu untuk memberi makan hewan ternak,” tutur Riza. 

Sementara itu, berdasarkan Surat Edaran Gubernur Kalteng bahwa setelah dilakukan karantina 14 hari di daerah asalnya, maka setelah masuk ke Kalteng hewan-hewan ternak akan di standbye selama 5 hari di kandang-kandang, untuk memastikan benar-benar sehat. 

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Kalteng, Leonard S. Ampung dan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Kalteng, Sutoyo. 

Pewarta : Antonius Sepriyono | Liputan SBM 


Sumber: https://www.liputansbm.com/2022/06/menjelang-idul-adha-ketersediaan-hewan.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 Sampit

Subscribe dan Like!

Dapatkan informasi terbaru tentang Sampit secara realtime!

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2017 Sampit.ID