Masyarakat Kotim Diminta Bantu Cegah Karhutla

Masyarakat Kotim Diminta Bantu Cegah Karhutla

KLIK. SAMPIT- Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkarmat) Kotawaringin Timur (Kotim) meminta kepada masyarakat di daerah itu untuk membantu pihaknya mencegah kebakaran hutan dan lahan, maupun bangunan.

Salah satu hal yang dapat dilakukan yalni dengan segera menghubungi petugas Disdamkarmat ketika melihat kebakaran yang terjadi di depan mata. Sehingga petugas dapat dengan segera tiba di lokasi. 

“Menangani peristiwa kebakaran baik bangunan maupun yang lainnya diperlukan partisipasi dan kesadaran masyarakat. Salah satunya dengan memberikan informasi dengan segera. Ini sangat kami butuhkan. Jadi kami bisa merespons lebih cepat dan menanganinya,” kata Kepala Disdamkarmat Kotim Hawianan, Kamis (19/1).

Diungkapkan Hawianan, sebuah peristiwa kebakaran terutama bangunan kerap menarik penasaran warga. Bahkan tidak sedikit yang langsung mengabadikan peristiwa itu menggunakan telepon pintar mereka. Padahal petugas pemadam kebakaran belum ada di lokasi karena belum mendapatkan informasi. 

“Hal ini yang sering kami alami yang membuat penanganan menjadi lambat,” katanya. 

Hawianan mengaku partisipasi dan kesadaran warga sangat diperlukan. Sehingga segera memberikan informasi, jika mengetahui adanya peristiwa atau hal-hal yang berpotensi menyebabkan kebakaran. 

Demi hal itu Disdamkarmat Kotim pun kerap mensosialisasikannya kepada masyarakat. Baik itu secara verbal maupun melalui pengumuman tertulis. 

Hawianan berharap kebakaran yang kerap terjadi belakangan ini dapat diredam. Sehingga bencana asap akibat kebakaran yang pernah terjadi sebelum-sebelumnya tidak terulang kembali. (KLIK-RED)




Sumber: https://www.klikkalteng.id/baca/2023/01/19/79110/masyarakat-kotim-diminta-bantu-cegah-karhutla

Leave a Reply

Copyright © 2023 Sampit

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2016-2022 Sampit.ID