Manusia Bisa Menjadi Perantara Virus PMK pada Hewan

Manusia Bisa Menjadi Perantara Virus PMK pada Hewan

SAMPIT – Penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak yang cukup pepat, salah satunya melalui perantara tubuh manusia atau orang. Kasus ini diungkapkan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). 

“Tubuh orang bisa jadi perantara penyebaran penyakit PMK, dan itu juga yang menyebabkan penyebaran cukup cepat. Karena ada sebagian orang yang tidak mengerti,” kata Kepala Dinas Pertanian Kotim, Sepnita, Jumat 13 Mei 2022.

Lanjutnya, virus dari sapi yang terpapar PMK itu bisa menempel pada tubuh manusia seperti orang yang memelihara. Jika tidak dilakukan sterilisasi maka itu dapat menyebar ke hewan ternak lainnya. Meski tidak membahayakan bagi manusia saat terpapar, namun itu menjadi penyebab cepatnya penyebaran PMK. 

“Kalau virus PMK itu tidak memiliki dampak pada manusia, namun bisa mempercepat penyebarannya. Itu yang harus kita antisipasi,” ujarnya. 

Oleh sebab itu, sekalipun Kotim masih dinyatakan aman dari PMK namun pihaknya terus melakukan survei dan edukasi kepada para peternak. Salah satunya, meminta para peternak menjaga kebersihan kandang, dan peternak diwajibkan mencuci bersih pakaian dan tubuhnya usai bersentuhan dengan ternak. 

“Makanya kemarin kami menggunakan baju APD saat melakukan pemeriksaan pada sapi ternak masyarakat Kotim. Itu mengantisipasi penyebaran jika ditemukan PMK pada ternak mereka. Survei yang dilakukan oleh kami saat ini di wilayah perkotaan dan beberapa kecamatan. Untuk kecamatan lainnya yang di pelosok ada petugas kami yang melakukan,” tutupnya. 

(Dev/matakalteng.com) 


Sumber: https://www.matakalteng.com/daerah/kotawaringin-timur/2022/05/13/manusia-bisa-menjadi-perantara-virus-pmk-pada-hewan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 Sampit

Subscribe dan Like!

Dapatkan informasi terbaru tentang Sampit secara realtime!

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2017 Sampit.ID