Mahasiswa UMS Ciptakan Buku Ajar Tematik PAUD ‘Happy Thinking’

Mahasiswa UMS Ciptakan Buku Ajar Tematik PAUD ‘Happy Thinking’

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah – Lima mahasiswa Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) berhasil dalam menerapkan pembelajaran buku ajar tematik berperspektif kognitif untuk meningkatkan kemampuan kosakata anak usia dini.

Hibah Riset Kemanusiaan (HRK) ini diketuai oleh Prof. Dr. Markhamah., M. Hum. Adapun dana yang didapat bersumber dari LPDP dengan anggota Bima Putro Wijayanto, Nadia Estu Ningtias, Khassani Nur Amalinda, Hanifah, Rizkya Angnurbaini Masir.

Ketua Tim HRK Prof. Dr. Markhamah., M. Hum mengatakan beberapa luaran yang dihasilkan dari hibah riset mandiri dosen ini, salah satunya yaitu produk buku ajar “Happy Thinking”.

“Setiap anggota bertugas untuk mengujicobakan buku ajar Happy Thinking sesuai dengan materi Unit yang akan diuji kepada sekolah TK yang telah ditentukan sebelumnya,” ujarnya.

Markhamah menyampaikan hasil uji coba pemberian materi kosakata di buku Happy Thinking pada TK Aisyiyah Surakarta dapat ditarik kesimpulan bahwa peningkatan kosakata bahasa Inggris menggunakan buku ajar Happy Thinking sangatlah efektif.

Dari Hal ini terlihat pada kemampuan anak mengingat kembali kosakata yang diberikan walaupun pembelajaran sudah berjalan beberapa lama. Peningkatan ini dapat diketahui melalui nilai skor yang didapat anak antara sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan.

Anak-anak juga antusias di dalam melaksanakan kegiatan karena berbagai kegiatan yang diberikan di buku sesuai dengan tahap usia mereka dan materi yang diberikan sesuai dengan ketertarikan mereka. (Brondy/Riz)


Sumber: https://suaramuhammadiyah.id/2022/09/24/mahasiswa-ums-ciptakan-buku-ajar-tematik-paud-happy-thinking/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 Sampit

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2016-2022 Sampit.ID