Lokasi Bebas Banjir, Puskesmas Tumbang Penyahuan Diresmikan

Lokasi Bebas Banjir, Puskesmas Tumbang Penyahuan Diresmikan

SAMPIT – Memiliki tempat yang bebas dari banjir, Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Tumbang Penyahuan yang baru diresmikan diharapkan dapat melayani masyarakat dalam kondisi apapun. 

“Kemarin puskesmas ini sudah kami resmikan, sehingga pelayanan masyarakat tidak akan terganggu walaupun banjir,” kata Bupati Kotawaringin Timur (Kotim), Halikinnor, Kamis, 26 Januari 2023.

Relokasi puskesmas tersebut sebagai komitmen Pemkab Kotim dalam meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat di Kecamatan Bukit Santuai. Kedepannya, tenaga penunjang kesehatan akan ditingkatkan, seperti dokter umum, dokter gigi dan tenaga kesehatan lainnya.

“Disesuaikan dengan yang dibutuhkan di kecamatan itu. Tentunya realisasi dari upaya ini dilakukan secara bertahap,” jelas Mantan Sekda di Bumi Habaring Hurung ini.

Pada saat peresmian yang dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kotim, Umar Kaderi, Rabu, 25 Januari 2023, Halikin berpesan kepada para abdi negara dan abdi masyarakat berkomitmen dalam menjalankan tugas dan fungsinya dengan penuh tanggungjawab. 

“Tenaga kesehatan, baik yang di puskesmas induk, puskesmas pembantu maupun poskesdes, agar bertugas dengan ikhlas dan senang hati, karena dengan hal tersebut, kualitas pelayanan akan dapat ditingkatkan,” harapnya.

Untuk informasi, gedung Puskesmas Tumbang Penyahuan yang lama hampir setiap musim hujan terendam banjir, bahkan bisa sampai 4 kali dalam setahun. Sehingga pelayanan kesehatan bagi masyarakat seringkali terganggu. 

Setelah direlokasi, bencana alam itu tidak akan kembali menghantui pelayanan kesehatan lantaran gedung yang baru memiliki lokasi di dataran tinggi. Akan tetapi jaraknya lebih jauh dari perumahan warga. 

(dev/matakalteng.com) 


Sumber: https://www.matakalteng.com/daerah/kotawaringin-timur/2023/01/26/lokasi-bebas-banjir-puskesmas-tumbang-penyahuan-diresmikan

Leave a Reply

Copyright © 2023 Sampit

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2016-2022 Sampit.ID