Lantik 4 Pj Kapala Desa dan Damang, Sakariyas Ingatkan Pengelolaan Anggaran

Lantik 4 Pj Kapala Desa dan Damang, Sakariyas Ingatkan Pengelolaan Anggaran

INTIMNEWS.COM, KASONGAN – Bupati Katingan, Sakariyas melantik empat penjabat kepala desa dan damang, Kamis 19 Januari 2023. Keempat pj kades dan damang yang dilantik, masing-masing Pj Kades Batu Badinding, Samba Bakumpai, Mirah Kalanaman dan Tumbang Pariye, serta Damang Kepala Adat di Tumbang Sambang Kecamatan Katingan Tengah.

”Hari ini kita melaksanakan pelantikan Pj kades dan damang guna meneruskan tongkat ekstafet kepemimpinan,” ungkap Sakariyas.

Sakariyas mengharapkan, Pj Kepala Desa dan Damang yang dilantik agar memperhatikan kedudukan, tugas dan fungsinya.

“Perhatikan tata kelola pemerintahan yang baik, serta menghindari kesalahan baik itu oleh Pj kades maupun perangkat desa dalam pengelolaan keuangan sehingga terjerat masalah hukum,”ujarnya.

Sakariyas menjelaskan, tahun ini desa mendapatkan alokasi dana desa (ADD) sebesar Rp9,9 miliar lebih, kemudian unruk dana desa (DD) sebesar Rp1,1 miliar lebih.

Setiap desa, tambah sakariyas, wajib menyediakan anggaran minimal 10 persen dan maksimal 25 persen untuk bantuan langsung tunai (BLT) sebesar Rp300 ribu per KK selama 12 bulan. Hal itu untuk pemulihan akibat pandemi covid-19 serta tigas persen operasional pemerintahan desa.

“Pihak kecamatan dan pendamping desa agar betul-betul maksimal dalam pendampingan kepada desa terutama berkaitan dengan pengelolaan keuangan desa, mulai tahapan perencanaan, pelaksanaan hingga pertanggungjawaban sehingga pengelolaan keuangan desa dapat mandiri,” tandasnya. (**)

Editor: Irga Facheza


Sumber: https://www.intimnews.com/lantik-4-pj-kapala-desa-dan-damang-sakariyas-ingatkan-pengelolaan-anggaran/

Leave a Reply

Copyright © 2023 Sampit

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2016-2022 Sampit.ID