Kunjungi KPU, Kalapas Pemuda Madiun Koordinasi Dalam Mempersiapkan TPS Khusus

Kunjungi KPU, Kalapas Pemuda Madiun Koordinasi Dalam Mempersiapkan TPS Khusus

Kunjungi KPU, Kalapas Pemuda Madiun Koordinasi Dalam Mempersiapkan TPS Khusus


KPU.jpg

MADIUN – Kalapas Pemuda Madiun, Ardian Nova Christiawan meminta agar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Madiun memprioritaskan warga binaan yang belum memiliki NIK saat sosialisasi tentang teknis pemungutan suara. Hal ini disampaikan ketika Ardian menemui langsung Ketua KPU Kota Madiun, Wisnu Wardhana di Kantor KPU Kota Madiun, Selasa(24/1/2023)siang.

Ardian menjelaskan, tujuan mengutamakan warga binaan yang belum memiliki NIK adalah agar para warga binaan segera berkomunikasi dengan pihak keluarga dengan menanyakan NIK yang dimiliki. Sehingga warga binaan tersebut dapat menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Jadi begini, kan kita tidak tau, para warga binaan ini sebenarnya sudah memiliki NIK atau belum. Sudah pernah rekam e-KTP atau belum. Karena di data SDP (Sistem Data Pemasyarakatan) yang kita punya, NIK mereka tidak ada. Sedangkan kita ada fasilitas video call gratis. Nah, nanti setelah sosialisasi, para warga binaan kita arahkan untuk menanyakan NIK mereka kepada pihak keluarga. Sehingga hak pilih mereka bisa terpenuhi,” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Ketua KPU Madiun, Wisnu, mengapresiasi hal tersebut. Nantinya, dalam sosialisasi tersebut KPU tidak akan melakukan kampanye karena bersifat netral dan hanya menjelaskan tata cara pencoblosan, syarat-syarat pemenuhan 8 eleman dan daftar calon tetap secara global.

“Pemilu ini merupakan hak asasi yang harus kita upayakan bagaimanapun caranya. Sedangkan di Lapas merupakan kawasan dengan TPS (Tempat Pemungutan Suara) Khusus. Jadi data pemilih harus sempurna dan akurat 100 persen. Karena jadi dasar penentuan jumlah suara dan penentuan jumlah TPS. DPT harus memenuhi 8 elemen, salah satunya NIK,” tegasnya.

Wisnu menambahkan, terkait dengan tanggal pelaksanaan sosialisasi, akan diagendakan setelah KPU Kota Madiun melakukan rapat dengan KPU Provinsi Jatim. (Humas Lapas Pemuda Madiun)





Sumber: https://jatim.kemenkumham.go.id/berita-upt/23628-kunjungi-kpu-kalapas-pemuda-madiun-koordinasi-dalam-mempersiapkan-tps-khusus

Leave a Reply

Copyright © 2023 Sampit

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2016-2022 Sampit.ID