Kukuhkan Pengurus, Halikinnor: FKUB Harus Jadi Pelaku Utama Memelihara Kerukunan Beragama

Kukuhkan Pengurus, Halikinnor: FKUB Harus Jadi Pelaku Utama Memelihara Kerukunan Beragama

INTIMNEWS.COM, SAMPIT – Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) harus menjadi pelaku utama dalam memelihara kerukunan umat beragama. Hal tersebut disampaikan Bupati Kotawaringin Timur, Halikinnor saat melantik Pengurus FKUB Kabupaten Kotawaringin Timur periode 2021-2026, di Gedung Wanita Sampit, Selasa, 15 November 2022.

Dalam Sambutanya Bupati Halikinnor mengatakan, FKUB ini dibentuk masyarakat yang difasilitasi pemerintah. Untuk itu kata dia, diharapkan menjadi subjek atau pelaku utama dalam upaya memelihara kerukunan dan keamanan terutama di Kotim.

“Saya bersama semua unsur pimpinan daerah ini sangat mengharapkan agar perbedaan-perbedaan itu hendak kita rajuk untuk kita jadikan potensi yang sinergis untuk membangun daerah, sehebat apapu program untuk mewujudkan ketentraman jika tidak didukung oleh masyarakat tidak akan memiliki arti apa apa,” kata Halikinnor.

Halikinnor FKUB ini harus menjadi mitra pemerintah dalam melakukan pembinaan-pembinaan terhadap umat beragama yang hubunganya bersifat kulonsuktatig. Mengenai pembentukan forum ini secara jelas diatur pada pasal 8 peraturan bersama menteri agama dan Mentri dalam negeri.

“Kita tidak boleh larut dalam permasalahan yang mempermasalahkan perbedaan, saya harapkan tokoh atau pemuka semua agama untuk memeliharan keamanan dan kedamaian. Tampa adanya keamanan mustahil kita bisa menjalankan agama dengan baik,” lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Kotim, Sanggul Lumban Gaol mengatakan kegiatan pengukuhan FKUB diharapkan dapat memberikan wawasan dan pengetahuan untuk tetap mempertahankan keutuhan NKRI.

“Toleransi agama merupakan salah satu sikap saling pengertian dan menghargai, tanpa adanya sikap intoleransi dalam beragama,” tuturnya.

Lumban Gaol menambahkan kerukunan umat beragama sangat penting dilakukan dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, dalam upaya untuk mencapai kesejahteraan dan kedamaian dala hidup.

“FKUB juga diharapkan meningkatkan peran tokoh agama dan Organisasi Pemuda Keagamaan untuk membangun sinergisitas dalam mengantisipasi terjadinya gangguan dalam penerapan kerukunan bersama,” pungkasnya. (**)

Editor: Irga Fachreza


Sumber: https://www.intimnews.com/kukuhkan-pengurus-halikinnor-fkub-harus-jadi-pelaku-utama-memelihara-kerukunan-beragama/

Leave a Reply

Copyright © 2022 Sampit

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2016-2022 Sampit.ID