KPU Kotim Nobar Peluncuran Tahapan Pemilu 2024

KPU Kotim Nobar Peluncuran Tahapan Pemilu 2024

SAKSIKAN :IM/BERITA SAMPIT – Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kotawaringin Timur, Siti Fathonah Purnaningsih (tengah depan) beserta tamu undangan saat menyaksikan peluncuran tahapan pemilu 2024.

SAMPIT – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) menggelar nonton bareng (Nobar) live streaming peluncuran dimulainya tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 pada Selasa 14 Juni 2022 malam.

Dari pantauan kegiatan itu berupa menyaksikan kegiatan peluncuran tahapan Pemilu 2024 yang dilakukan di Kantor KPU RI melalui tayangan Youtube KPU RI yang juga disiarkan secara langsung.

Ketua KPU Kabupaten Kotim Siti Fathonah Purnaningsih mengatakan, dasar pelaksanaan kegiatan adalah tindak lanjut SE KPU RI nomor 443/PP.06-ED/09/2022 tanggal 10 Juni 2022.

Kegiatan itu sendiri dilaksanakan di aula KPU dengan mengundang Bawaslu Kotim, unsur forum komunikasi pimpinan daerah (Forkompinda) partai politik, Polres Kotim, Kodim 1015 Sampit, masyarakat dan wartawan.

“Untuk kegiatan malam ini kami mengundang stakeholder untuk peluncuran menandai dimulainya tahapan Pemilu 2024. Pada 14 Juni 2022 adalah tepat 20 bulan menjelang hari pemungutan suara yang diadakan 14 Februari 2024 untuk memilih Presiden/Wakil Presiden, DPR RI, DPD, DPRD provinsi, dan DPRD Kabupaten,” katanya, Selasa malam di Sampit.

Fathonah menyampaikan bahwa sesuai dengan amanat pasal 167 angka (6) UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, disebutkan tahapan penyelenggaraan Pemilu dimulai paling lambat 20 bulan sebelum hari pemungutan suara.

Untuk pengaturan tahapan dan jadwal Pemilu 2024, belum lama ini KPU RI telah menetapkan PKPU Nomor 3 Tahun 2022 pada 9 Juni 2022. Dalam pasal 3 disebutkan tahapan penyelenggaraan pemilu ada 11 yakni, pertama, perencanaan program dan anggaran serta penyusunan pelaksanaan penyelenggaraan pemilu.

Kedua, pemutakhiran data pemilih dan penyusunan daftar pemilih, ketiga, pendaftaran dan verifikasi peserta pemilu, keempat, penetapan peserta pemilu, kelima, penetapan jumlah kursi dan penetapan daerah pemilihan, keenam, pencalonan Presiden/Wapres, serta anggota DPR, DPD, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota.

Selanjutnya, ketujuh, masa kampanye pemilu, kedelapan, masa tenang, kesembilan, pemungutan dan penghitungan suara, kesepuluh, penetapan hasil pemilu, serta terakhir, pengucapan sumpah/janji presiden/wapres serta anggota DPR, DPD, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/kota. (im/beritasampit.co.id).


Sumber: https://beritasampit.co.id/2022/06/14/kpu-kotim-nobar-peluncuran-tahapan-pemilu-2024/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 Sampit

Subscribe dan Like!

Dapatkan informasi terbaru tentang Sampit secara realtime!

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2017 Sampit.ID