Kotim Bangun Tol Sungai Mentaya, Bupati H Halikinnor Optimistis Pendapatan Asli Daerah Meningkat  

Kotim Bangun Tol Sungai Mentaya, Bupati H Halikinnor Optimistis Pendapatan Asli Daerah Meningkat  

TRIBUNKALTENG.COM, SAMPIT – Potensi Sungai Mentaya yang ada di Kabupaten Kotawaringin Timur terus digali untuk meningkatkan pendapatan asli daerah setempat salajh satunya membangun Tol Sungai Mentaya.

Pengelolaan pelabuhan Sampit dan dermaga habaring hurung milik Pemkab Kotim terus dilakukan secara optimal untuk peningkatan pendapatan asli daerah setempat.

Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur didukung instansi lainnya terus menatapkan rencana membangun Tol Sungai Mentaya sebagai upaya menambah pendapatan asli daerah di Bumi Habaring Hurung.

Rencana tersebut sudah lama ingin di wujudkan sehingga upaya terus dilakukan dalam mewujudkannya. “Cita-cita kita akan membangun Tol Sungai Mentaya, ini akan terwujud atas kebersamaan kita,” ungkap Bupati H Halikinnor.

Baca juga: Seleksi Tenaga Kontrak Kotim, Bupati H Halikinnor Ajak Peserta Tak Lolos Kembangkan Wirausaha

Baca juga: Pabrik Pengolahan Limbah Kotim, Sampah Medis dan Rumah Tangga Bisa Diubah Jadi Bahan Bangunan

Baca juga: Pasien Covid-19 Kotim Nihil Dirawat di RS, Bupati H Halikinnor Berharap Pandemi Segera Jadi Endemi

Penegasan itu diungkapkanya, saat acara ramah tamah Pisah Sambut Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) kelas III Sampit digelar Jumat (24/6/2022) sore di Aula Rumah Jabatan Bupati Kotawaringin Timur di Jalan Ahmad Yani, Sampit.

Pejabat lama Kepala KSOP Sampit, Agustinus Maun yang bertugas di Kotim selama 8 bulan kini menjabat Kepala KSOP Banjarmasin, digantikan Kepala KSOP baru Sidratul Muntaha untuk bertugas di Sampit.

Dalam pertemuan tersebut Bupati H Halikinnor, menegaskan, ada beberapa rencana yang akan dilakukan untuk mendukung penambahan PAD Kotim tersebut, selain membangun Tol Sungai Mentaya.

Bukan hanya itu, dia  juga mengungkapkan program Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran yang akan membangun Pelabuhan Samudera di Pantai Ujung Pandaran.

“Ini rencana jangka panjang yang dicita-citakan untuk Kotim, namun pelabuhan kita dimantapkan terlebih dahulu untuk jangka pendeknya,” ungkapnya.

Baca juga: Giliran Emak-emak Palangkaraya, Deklarasi Memberi Dukungan Ganjar Pranowo Maju Pilpres 2024

Baca juga: Tersangka Kasus Penganiayaan Anak Kotabaru Kalsel Ditangkap, Sempat Jadi Buron Selama Setahun

Dikatakan dia, upaya peningkatan PAD juga akan dilakukan melalui akan diadakannya pemandu di bawah Jembatan Mentaya di Kota Besi untuk jasa pandu dengan surat navigasinya.”Ibi semua sudah dilakukan pembicaraan dengan instansi terkait,” terangnya. 

Dengan adanya rencana pembangunan tersebut, tentunya nanti akan mampu menambah pendapata asli daerah untuk Kabupaten Kotawarngin Timur kedepannya.

Lalulintas tongkang pengangkut bijih besi di Sungai Mentaya Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur ini salah satu potensi yang akan dimaksimalkan untuk menambah pendapatan asli daerah (PAD) melalui jasa pandu dan navigasi kapal. (Tribunkalteng,com/faturahman)

Dalam kesempatan lain, Bupati Halikinnor juga menyinggung terkait renacana pengerukan Sungai Mentaya yang sudah  dangkal karena sudah lama belum dilakukan pengerukan.”Ini juga akan kita laksanakan untuk memperlancar lalulintas kapal barang dan penumpang,” ujarnya. (*)




Sumber: https://kalteng.tribunnews.com/2022/06/24/kotim-bangun-tol-sungai-mentaya-bupati-h-halikinnor-optimistis-pendapatan-asli-daerah-meningkat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 Sampit

Subscribe dan Like!

Dapatkan informasi terbaru tentang Sampit secara realtime!

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2017 Sampit.ID