Komisi III DPRD Kalteng Berharap Peningkatan Partisipasi SNMPTN

Komisi III DPRD Kalteng Berharap Peningkatan Partisipasi SNMPTN

PALANGKA RAYA, Kalteng.co – Kalangan DPRD Kalteng berharap agar jumlah SMA/SMK/MK di Bumi Tambun Bungai yang berpartisipasi dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) atau jalur undangan dapat ditingkatkan.

Hal ini disampaikan Ketua Komisi III DPRD Kalteng yang membidangi Kesejahteraan Rakyat (Kesra), Dra. Hj. Siti Nafsiah, M.Si, saat dikonfirmasi Kalteng.co via Whatsapp, Sabtu (3/9/2022).

Menurutnya, berdasarkan data Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMP) tahun 2019 hingga 2021, angka partisipasi sekolah yang mengikuti seleksi SNMPTN masih berada dibawah 50 persen.

“Dari data LTMPT tahun 2019 hingga 2021 angka partisipasi sekolah yang mengikuti seleksi PTN melalui jalur undangan, masih berada di bawah 50 persen. Sehingga komisi III berharap agar potensi-potensi masalah, kelalaian atau kegagalan sekolah dalam pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS), dapat ditekan semaksimal mungkin,” ucapnya.

Wakil rakyat dari Dapil I meliputi Kabupaten Katingan, Gunung Mas dan Kota Palangka Raya ini juga mengimbau agar Pemprov Kalteng melalui Dinas Pendidikan, bisa melakukan pendampingan mengingat SMA/SMK/MA merupakan tupoksi pembinaan Provinsi.

“harus adanya keseriusan dari Pemprov Kalteng khususnya Dinas Pendidikan dalam melakukan pendampingan, termasuk menyusun perencanaan dan pengalokasian anggaran yang memadai guna mendukung pelaksanaan pendampingan tersebut. Apalagi SMA/SMA/MA merupakan tupoksi pembinaan Provinsi,” ujarnya.

Kendati demikian, ia merekomendasikan agar sekolah yang berhasil mengirimkan siswa berprestasi ke PTN melalui jalur SNMPTN menjadi percontohan bagi SMA/SMK/MA, terutama tata cara pengisian PDSS yang tepat waktu serta siap dan sigap melakukan penyesuaian apabila terjadi perubahan.

“Komisi III merekomendasikan kepada SMA/SMK sederajat di seluruh Kalteng, untuk menjadikan SMA Negeri yang berhasil mengirimkan siswa berprestasi ke Perguruan Tinggi melalui SNMPTN sebagai tempat rujukan guna belajar atau meniru sistem serta tata cara pelaksanaan Pengisian PDSS, yang tepat waktu dan selalu siap melakukan penyesuaian terhadap adanya berbagai perubahan. Karena hal tersebut akan memberikan pengaruh besar dalam partisiapsi SNMPTN,” tutupnya.(ina)


Sumber: https://kalteng.co/palangka-raya/dprd-kalteng/komisi-iii-dprd-kalteng-berharap-peningkatan-partisipasi-snmptn/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 Sampit

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2016-2022 Sampit.ID