Komisi III Ajak Masyarakat Kotim Biasakan Rutin Donor Darah

Komisi III Ajak Masyarakat Kotim Biasakan Rutin Donor Darah

Anggota DPRD Kotim Riskon Fabiansyah.

SAMPIT, KaltengEkspres.com – Anggota DPRD Kotawaringin timur (Kotim) Riskon Fabiansyah mengajak masyarakat untuk membiasakan diri melakukan donor darah secara mandiri ke Unit Palang Merah Indonesia (PMI) Kotim.

Menurut Riskon, dengan mendonorkan darah secara rutin tidak saja dapat membantu menyelamatkan nyawa orang yang membutuhkan,kebiasan seperti ini juga memberikan dampak positif bagi pendonor,salah satunya peremajaan darah dalam tubuh.

“Saya sering mendengar keluarga pasien rumah sakit kesulitan mencari darah,terutama jenis trombosit atau golongan darah A dan B lantaran stok darah di PMI lagi kosong,padahal ini nyawa seseorang” ujarnya, Selasa (15/11).

“Mari bersama-sama kita membantu menjaga jangan sampai yerjadi kekosongan di bank darah PMI, yakinlah selain dapat pahala banyak manfaat fositif lain yang didapat dari kebiasaan mendonorkan darah.”lanjut Riskon.

Sementara itu, Kepala UTD PMI Kotim Dr Yuendri Irawanto M.kes dalam menjelaskan, salah satu penyebab sering kosongnya darah golongan trombosit atau golongan darah A dan B ini disebabkan oleh ketahanannya. Dimana golongan darah jenis ini hanya mampu bertahan selama lima hari,sedangkan golongan darah jenis lainnya mampu bertahan hingga 30 hari.

Kemampuan bertahan yang hanya 5 hari di bank darah tentu menjadi kendala dalam melakukan stok,terlebih lagi golongan darah jenis ini merupakan golongan darah yang paling banyak di butuhkan pasien.

Disamping itu masalah lainnya adalah saat mencapai batas 5 hari atau kadaluarsa golongan trombosit ini akan mengandung zat kimia yang dinilai sangat berbahaya,sehingga pihak PMI memaksimalkan penyetoran darah golongan tersebut ke rumah sakit sebelum masa pakainya habis. (yon)




Sumber: https://kaltengekspres.com/2022/11/komisi-iii-ajak-masyarakat-kotim-biasakan-rutin-donor-darah/

Leave a Reply

Copyright © 2022 Sampit

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2016-2022 Sampit.ID