Khilafatul Muslimin Buat NIK Pengganti e-KTP, Kemendagri: Mereka Langgar Hukum

Khilafatul Muslimin Buat NIK Pengganti e-KTP, Kemendagri: Mereka Langgar Hukum

image_print

Realitarakyat.com – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) merespons kelompok Khilafatul Muslimin yang membuat Nomor Induk Warga (NIW) guna menggantikan e-KTP para anggotanya. Aparat penegak hukum diminta menindak tegas masalah tersebut.

Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh mengatakan, tindakan yang dilakukan sudahlah melanggar hukum.

“Mereka melanggar hukum. Perlu ditindak tegas,” ujar Zudan kepada wartawan, Selasa (14/6).

Kendati demikian, dirinya tak membeberkan lebih jauh detail dari aturan apa yang dilanggar. Zudan hanya menjelaskan bahwa tindakan tersebut merupakan sistem ketatangearaan.

“Karena (Khilafatul Muslim) punya niat dan perbuatan yang merusak sistem bernegara,” tuturnya.

Sebelumnya, Khilafatul Muslimin membuat Nomor Induk Warga (NIW) untuk menggantikan e-KTP para anggotanya. Jumlahnya mencapai puluhan ribu.

Hal itu terungkap usai Polda Metro Jaya menggeledah markas Khilafatul Muslimin di Bandar Lampung dan menangkap dua tersangka di Medan dan Bekasi.

“Ini ditemukan di Bandar Lampung pada saat kita menangkap dua tersangka. NIW ini menggantikan e-KTP yang diterbitkan pemerintah Indonesia khusus untuk anggota Khilafatul Muslimin se-Indonesia,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan dalam keterangan pers, Minggu 12 Juni 2022.

Zulpan mengatakan, polisi juga menyita sejumlah dokumen Khilafatul Muslimin serta beberapa unit komputer dalam penggeledahan dan penangkapan.

“Untuk unit komputer penyidik tentu akan melakukan pemeriksaan oleh tim terlebih dahulu,” katanya.[prs]




Sumber: https://www.realitarakyat.com/2022/06/khilafatul-muslimin-buat-nik-pengganti-e-ktp-kemendagri-mereka-langgar-hukum/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 Sampit

Subscribe dan Like!

Dapatkan informasi terbaru tentang Sampit secara realtime!

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2017 Sampit.ID