Kenapa sertifikat vaksin ke-3 tidak muncul? Mengingat sudah banyak masyarakat yang sudah mendapatkan vaksin booster atau dosis ketiga sebagai syarat mudik 2022 tanpa tes COVID-19.
Pasalnya jika sertifikat vaksin ke-3 tidak muncul, bisa menghambat seseorang yang ingin mudik di hari lebaran 2022. Lantas, apa penyebab dan cara mengatasinya? Simak informasi berikut.
Kenapa sertifikat vaksin ke-3 tidak muncul? Ini penyebabnya
Sertifikat vaksin akan muncul 1×24 jam setelah data diinput oleh petugas vaksinasi. Penerima vaksin booster umumnya akan mendapatkan sertifikat jika sudah memiliki akun di aplikasi PeduliLindungi. Namun, jika sudah vaksin ke-3 tapi sertifikat belum keluar bisa jadi ada yang salah saat memasukkan data pribadi ke akun PeduliLindungi.
Data yang biasanya salah, seperti nama lengkap, Nomor Induk Kependudukan (NIK), tanggal lahir, dan juga nomor telepon. Jika data diri yang dimasukkan salah, sertifikat vaksin tidak akan muncul.
Kenapa sertifikat vaksin ke-3 tidak muncul? Cek melalui Web PeduliLindungi
- Kunjungi pedulilindungi.id/periksa-sertifikat
- Login dengan akun terdaftar, jika belum punya akun registrasi terlebih dahulu
- Setelah berhasil login, periksa sertifikat vaksinasi COVID-19 dengan memasukkan data yang diperlukan.
- Sertifikat vaksin akan muncul dan bisa melanjutkan klaim di aplikasi PeduliLindungi.
Kenapa sertifikat vaksin ke-3 tidak muncul? Cek Melalui Aplikasi PeduliLindungi
- Update PeduliLindungi ke versi terbaru
- Buka aplikasi PeduliLindungi
- Registrasi atau login dengan akun terdaftar
- Pilih menu “Sertifikat Vaksin”
- Klik “Klaim Sertifikat”
- Masukkan data yang diperlukan
- Klaim tombol “Klaim”
Kenapa sertifikat vaksin ke-3 tidak muncul? Cek Melalui Chatbot
Hubungi chatbot Kemkes RI pada nomor 0811 1050 0567 dan pilih menu “Sertifikat Vaksin” dan ikuti langkah-langkah berikut:
- Masukkan nomor telepon yang terdaftar pada akun PeduliLindungi
- Silahkan input 6 digit kode OTP yang dikirim pada chat room atau SMS
- Selanjutnya pilih “Download Sertifikat” dan masukkan Nama dan NIK
- Pilih sertifikat yang ingin diunduh (download)
- Sertifikat akan muncul dan siap diunduh
Setelahnya akan muncul pertanyaan “Apa lagi yang bisa dibantu?”. Bisa memilih “Menu Utama” jika sertifikat vaksin belum tersedia untuk cek status vaksinasi. Masukkan Nama dan NIK dan data vaksinasi akan muncul.
Apabila status vaksinasi tidak sesuai (misalnya sudah vaksinasi lengkapi tapi baru terdata satu kali), disarankan untuk menghubungi Faskes tempat vaksinasi agar dibantu input data vaksinasi yang belum tercatat ke sistem PCare.
Jika ketiga cara di atas belum berhasil, silahkan menghubungi WhatsApp Kementerian Kesehatan RI pada nomor 0811 1050 0567 dan pilih menu “Data Vaksinasi”, Call Center 119 ext. 9 atau email ke [email protected] untuk melaporkan kendala sertifikat vaksin yang belum muncul.
Bagi masyarakat yang bingung kenapa sertifikat vaksin ke-3 tidak muncul? Bisa jadi karena salah memasukan data seperti yang sudah diungkapkan di atas.
Simak Video “Pengumuman! Sertifikat Vaksin Internasional Sudah Tersedia di PeduliLindungi“
[Gambas:Video 20detik]
(suc/naf)
Sumber: https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-6055325/kenapa-sertifikat-vaksin-ke-3-tidak-muncul-ini-solusinya