Kemendagri Serahkan Hak Akses NIK ke KPU untuk Pemilu 2024

Kemendagri Serahkan Hak Akses NIK ke KPU untuk Pemilu 2024

TEMPO.CO, Jakarta – Komisi Pemilihan Umum dan Kementerian Dalam Negeri menandatangani perjanjian kerja sama untuk akses Nomor Induk Kependudukan (NIK) untuk Pemilu 2024. Penandatanganan dilakukan Sekretariat Jenderal KPU dan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri.

Bentuk kerja sama itu adalah dengan menyerahkan user ID hak akses dan user ID aplikasi data KPU. Langkah ini dilakukan untuk mempermudah menyusun Daftar Pemilih Sementara (DPS) dan Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Prinsipnya untuk penyusunan daftar pemilih dan pemutakhiran,” kata Sekretaris Jenderal KPU Bernard Dermawan Sutrisno saat di Kantor KPU, Rabu, 29 Juni 2022.

Bernard menuturkan, bahwa perjanjian ini merupakan salah satu kegiatan dari pertukaran data. Dalam penentuan pemilih, KPU bakal berdasar pada data kependudukan dari Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri.

Direktur Jenderal Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh mengatakan, kerja sama ini memang ada landasan dari Undang-Undang Administrasi dan Kependudukan. Kemendagri bisa berbagi data kependudukan dalam bentuk Data Agregat Kependudukan per Kecamatan (DAK2) dan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4).

“DAK2 untuk menentukan daerah pemilihan (dapil) dan DP4 menentukan jumlah orang yang memiliki hak pilih,” ujar Zudan pada kesempatan yang sama.

Dia menjelaskan, data dari Dukcapil bakal diolah menuju DPS dan DPT. Namun sebelumnya data akan diperbarui setiap dua kali dalam setahun kepada KPU setiap tanggal 30 Juni dan 30 Desember.

Menurut Zudan, kerahasiaan data pribadi penduduk tetap terjada dan demi mendata secara akurat. Sehingga data yang dibagikan kepada KPU tidak boleh diubah, kecuali atas permintaan subjek data atau orang pribadi yang memiliki data.

“Karena pemilik data itu pindah atau dia kawin atau dia menjadi TNI-Polri. Sehingga dia dikeluarkan dari daftar pemilih atau pensiun dari TNI-Polri sehingga masuk sebagai daftar pemilih,” tuturnya.

Kemendagri bersama KPU, kata Zudan, akan terus proaktif mendata data pemilih Pemilu 2024. Sehingga keakuratan datanya menjadi lebih tinggi pada hari pencoblosan tiba.




Sumber: https://nasional.tempo.co/read/1607099/kemendagri-serahkan-hak-akses-nik-ke-kpu-untuk-pemilu-2024

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 Sampit

Subscribe dan Like!

Dapatkan informasi terbaru tentang Sampit secara realtime!

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2017 Sampit.ID