Kemenag Minta Antar Umat Beragama Terus Harmonis di Kotim

Kemenag Minta Antar Umat Beragama Terus Harmonis di Kotim

SAMPIT – Plt. Kepala Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Zainuddin meminta agar momentum Hari Amal Bhakti ke-75 umat beragama di daerah itu terus harmonis.

“Sesuai dengan tema kali ini, seluruh umat beragama dari 6 agama yang diakui di Kotim terus harmonis dan rukun,” kata Plt Kepala Kemenag Kotim Zainuddin, Selasa 5 Januari 2021.

Menurutnya, kerukunan tersebut salah satu modal bangsa khususnya masyarakat Kotim untuk maju. Pasalnya jika kerukunan tidak terjalin, maka pembangunan tidak akan berjalan dengan baik, sehingga berdampak pada pelaksanaan ibadah bagi setiap agama.

“Tanpa kerukunan, akan sukar menggapai cita-cita besar. Oleh karena itu, silahkan 6 agama ini menjalankan ajaran agamanya tetapi jangan mengganggu satu agama ke agama lain,” terangnya.

Zainuddin yang ditemui usai melaksanakan upacara peringatan HAB ke-75 tahun tersebut mengatakan pelaksaan peringatan tahun ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya. Jika pada tahun lalu peserta upacara bisa mencapai 400 orang, kini hanya 100 orang yang merupakan interen Kemenag saja. Hal ini mengingat pandemi Covid-19 masih melanda Kotim.

“Pelaksanaannya dengan menerapkan protokol kesehatan salah satunya adalah membatasi jumlah peserta,” katanya.

Dimasa pandemi ini, kegiatan bakti sosial yang biasa dilakukan setiap tahunnya juga berkurang. Tahun ini hanya bakti sosial donor darah dan pemberian santunan kepada purna bakti saja.

“Kalau tahun sebelumnya kita ada khitanan massal dan lain sebagainya,” tutur Zainuddin.

Namun dirinya tetap berharap kedepan Kemenag Kotim terus eksis dalam mengawal Pemerintah untuk merukunkan umatnya yang ada sesuai dengan tupoksinya.

(dev/matakalteng.com)

The post Kemenag Minta Antar Umat Beragama Terus Harmonis di Kotim appeared first on Mata Kalteng.

Copyright © 2022 Sampit

Subscribe dan Like!

Dapatkan informasi terbaru tentang Sampit secara realtime!

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2017 Sampit.ID