Keluarga Berperan Penting Bantu Penyembuhan Penderita ODGJ

Keluarga Berperan Penting Bantu Penyembuhan Penderita ODGJ

IST/BERITA SAMPIT – Kepala Dinas Sosial Kotim Wiyono.

SAMPIT – Kepala Dinas Sosial Kotawaringin Timur Wiyono mengungkapkan keprihatinannya karena banyak menemukan penanganan kasus Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ), tidak mendapatkan dukungan maupun perhatian secara penuh dari keluarga penderita.

Bahkan ketika mendapatkan penanganan dari pemerintah yang merujuk untuk memberikan perawatan kesehatan terhadap penderita, pihak keluarga seakan lepas tangan dan tidak ingin terlibat memberikan perhatian kepada pasien yang bersangkutan.

“Peran keluarga penting untuk ODGJ ini, namun kebanyakan ketika dibawa ke rumah sakit, pihak keluarga penderita menghendaki si penderita selamanya dirawat di sana, seperti menginginkan tidak mau kembali lagi. Bahkan saat kita hubungi terkadang tidak ada yang merespon,” kata Wiyono, Rabu 5 Oktober 2022.

Dalam menangani ODGJ, dukungan keluarga sangat dibutuhkan untuk membantu kesembuhan pasien. Sebab, ketika pihak rumah sakit yang merawat menyatakan sembuh, maka disinilah dibutuhkan support keluarga menjaganya.

“Memang kalau sudah menderita ODGJ, meski dinyatakan sembuh oleh dokter namun tetap sulit sembuh sepenuhnya. Karena selama perawatan pasien bersangkutan pasti tergantung obat yang diberikan dokter untuk membuatnya tenang,” ungkapnya.

“Kasus seperti ini pernah kita temukan di Sampit, saat dinyatakan sembuh ketika dipulangkan malah ditolak keluarganya. Sekarang orangnya sudah normal dan kini telah bekerja sendiri sebagai pedagang,” sambungnya.

Wiyono berharap, kasih sayang keluarga memiliki ikatan yang sangat kuat dalam mempercepat kesembuhan penderita ODGJ. (ilm).

(Visited 4 times, 4 visits today)




Sumber: https://beritasampit.co.id/2022/10/05/keluarga-berperan-penting-bantu-penyembuhan-penderita-odgj/

Leave a Reply

Copyright © 2022 Sampit

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2016-2022 Sampit.ID