Kebutuhan Es Bagi Nelayan Tinggi, 2023 Kotim Dirikan Pabrik Skala Besar

Kebutuhan Es Bagi Nelayan Tinggi, 2023 Kotim Dirikan Pabrik Skala Besar

SAMPIT, Sampit – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur menargetkan pada 2023 pabrik es bisa terbangun di kabupaten ini. Ini  menyikapi tingginya kebutuhan terhadap es untuk para nelayan di Kotim.

Dengan dibangunnya pabrik ini maka diharapkan akan lebih menguntungkan bagi para nelayan. Sebab selama ini nelayan mendapatkan es dari Sampit sehingga adanya pabrik es dapat mengurangi ongkos transpor para nelayan.

Selama ini Kotim sebenarnya memiliki pabrik es skala kecil, namun tidak bisa beroperasi karena mesinnya rusak dan kapasitasnya kecil hanya 35 balok per hari. Hasil produksi tersebut tidak dapat memenuhi kebutuhan nelayan di Kotim, yang membutuhkan sekitar 500 hingga 1000 balok per hari. 

“Saat itu operasionalnya tinggi karena harus menggunakan BBM solar, jadi tidak seimbang dengan hasil yang didapat,” jelas Kepala Dinas Perikanan Kotim, Ahmad Sarwo Oboi, Minggu 17 April 2022. 

Untuk sementara ini pihaknya belum bisa menetapkan harga jual per balok es, sebab harus diperhitungkan dengan biaya operasional dan lain sebagainya. 

“Selama ini harga es balok di pabrik sekitar Rp 17 ribu per balok, tapi untuk sementara kita masih belum bisa menetapkan harga karena ada hitung-hitungannya dulu,” katanya. 

Juga terkait dengan pengelolaan pabrik es apabila sudah terbangun nanti, apakah akan dilakukan oleh pihak ketiga atau pemerintah masih akan melihat perkembangan ke depan. 

“Untuk pengelolaannya nanti kita lihat setelah terbangunnya pabrik, sambil menunggu petunjuk dan arahan bupati,” sebutnya.




Sumber: https://www.borneonews.co.id//berita/261142-kebutuhan-es-bagi-nelayan-tinggi-2023-kotim-dirikan-pabrik-skala-besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 Sampit

Subscribe dan Like!

Dapatkan informasi terbaru tentang Sampit secara realtime!

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2017 Sampit.ID