Kebocoran Data Nomor HP dan NIK Diduga dari Registrasi Kartu SIM Prabayar

Kebocoran Data Nomor HP dan NIK Diduga dari Registrasi Kartu SIM Prabayar

KOMPAS.com – Sebanyak 1,3 miliar data nomor HP dan Nomor Induk Kependudukan (NIK/nomor KTP) diduga bocor dan dijual di forum onlineBreached Forums“. Data tersebut dijual oleh akun bernama “Bjorka”, pada 31 Agustus 2022.

Hacker mengeklaim bahwa data tersebut berasal dari registrasi kartu SIM prabayar. Kebijakan registrasi kartu SIM prabayar ini dicanangkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang berlaku sejak 2018 lalu.

Kominfo mewajibkan pengguna nomor HP melakukan registrasi kartu prabayar menggunakan NIK yang ada di KTP dan nomor KK. Nomor seluler yang tidak melakukan pendaftaran akan mengalami pemblokiran alias tidak bisa digunakan.

Menurut Kominfo kala itu, registrasi perlu dilakukan dalam rangka memberi perlindungan terhadap konsumen, terkait penyalahgunaan nomor ponsel oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab. Seperti upaya penipuan dan hoaks.

Menanggapi kebocoran data nomor HP sekaligus NIK pemiliknya tersebut, praktisi keamanan siber dari Vaksincom, Alfons Tanujaya, mengatakan bahwa data yang diperjualbelikan itu memang kemungkinan besar berasal dari registrasi kartu SIM prabayar. Hal tersebut terlihat dari jenis data yang dijajakan hacker.

“Iya, kemungkinan besar memang itu dari data registrasi kartu SIM. Ada NIK, nomor telepon, provider telko. Dan jumlah datanya 1.3 miliar dibagi 4 kolom sekitar 325 juta pendaftaran kartu SIM per 2020”, kata Alfons saat dihubungi KompasTekno, Kamis (1/9/2022).

“Setahu saya Tangerang menggunakan kode NIK 3671, dan ketika saya cek salah satu sampel, terdapat NIK berikut 3671***** dengan nomor telpon 62812****,” jelas Afif ketika dihubungi KompasTekno, Kamis siang.


Sumber: https://tekno.kompas.com/read/2022/09/01/17150077/kebocoran-data-nomor-hp-dan-nik-diduga-dari-registrasi-kartu-sim-prabayar%3Fpage%3Dall

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 Sampit

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2016-2022 Sampit.ID