Kapolres Kotim Imbau Masyarakat Antisipasi Karhutla

Kapolres Kotim Imbau Masyarakat Antisipasi Karhutla

SAMPIT – Meski Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) saat ini memasuki musim penghujan, namun menurut Kapolres Kotim AKBP Abdoel Harris Jakin tidak menutup kemungkian bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dapat terjadi sewaktu-waktu.

“Meski di tempat kita saat ini cuaca sering hujan dan mendung, namun tidak menutup kemungkinan karhutla akan terjadi di wilayah kita,” ungkapnya, Senin 18 Januari 2021.

Kebakaran hutan dan lahan di Kotim merupakan agenda tahunan. Sehingga dalam penanggulangannya jangan dianggap remeh. Dengan begitu pihaknya dari sekarang mulai melakukan imbauan dan pencegahan.

“Jadi saat ini langkah yang kita ambil selain memberikan imbauan dan pencegahan agar tidak terjadi kahurtla, kita juga akan menyamakan persepsi antara Pemerintah dan masyarakat terkait kearifan lokal,” ucapnya.

Maksud dari kearifan lokal tersebut adalah membuka lahan dengan cara dibakar bagi masyarakat adat daerah setempat yang dianggap secara turun temurun, namun dalam hal itu sebenarnya ada prosedur yang digunakan oleh nenek moyangnya dalam melakukan pembakaran lahan yang tidak asal membakar.

“Kita sudah menanyakan bagaimana prosedur masyarakat adat Dayak dalam membakar lahan, karena ternyata kalau masyarakat adat yang membakar ada prosedurnya misalkan ada 10 kepala keluarga dalam satu group, mereka nanti punya 10 petak lahan, masing-masing satu petak untuk satu kepala keluarga. Jadi kalau satu kepala keluarga menggarap maka yang lain membantu seperti membuat parit pembatas agar saat dibakar api tidak merambat kemana-mana,” paparnya.

Namun yang ada saat ini menurut AKBP Abdoel Harris Jakin, sebagian dari mereka mindsetnya kearifan lokal yaitu membuka lahan dengan dibakar, namun tidak mengetahui prosedur yang ada dan turun temurun. Hal tersebutlah yang harus disamakan persepsinya antara Pemerintah dan masyarakat. Agar kebakaran hutan dan lahan bukan menjadi agenda tahunan yang terus mengkhawatirkan.

“Dengan begitu, kearifan lokal tetap terjaga dengan prosedur yang ada serta kebakaran hutan dan lahan dapat dicegah dan tidak terjadi di Kotim,” tutupnya.

(dev/matakalteng.com)

The post Kapolres Kotim Imbau Masyarakat Antisipasi Karhutla appeared first on Mata Kalteng.

Copyright © 2022 Sampit

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2016-2022 Sampit.ID