Inovasi Kemasan Makanan Cepat Saji Bisa Didaur Ulang Jadi Pupuk

Inovasi Kemasan Makanan Cepat Saji Bisa Didaur Ulang Jadi Pupuk

Liputan6.com, Jakarta – Bisnis makanan cepat saji tidak mengecualikan diri dari upaya lebih ramah lingkungan dalam praktiknya. Salah satunya diinisiasi gerai KFC di Northpoint City, Singapura. Pihaknya telah secara resmi memperkenalkan kemasan makanan nabati jenis baru, lapor Mothership, Rabu (22/6/2022).

Selain itu, pihaknya juga memastikan tidak ada sampah makanan maupun kemasan yang akan diproses ke dalam insinerator. Alih-alih, selama enam bulan ke depan, limbah yang dihasilkan pelanggan KFC di Northpoint City akan disalurkan ke pengolah limbah khusus di Tuas.

Ini adalah bagian dari percontohan pertama di dunia untuk daur ulang organik dari kemasan dan limbah sekali pakai. Digester mengambil, baik sisa makanan maupun kemasan, lalu mengubahnya jadi pupuk siap tanam hanya dalam 24 jam.

Seluruh sistem dari hulu ke hilir ini diklaim “praktis tanpa ada pemborosan.” Namun bagi konsumen, visual seluruh kemasan makanan akan terasa dan terlihat persis sama.

Sistem ini dikembangkan perusahaan foodware yang inovatif dan start-up lokal Singapura, TRIA. Mereka meluncurkan program percontohan dengan KFC Singapore pada 1 Juni 2022, sebuah kolaborasi yang difasilitasi Enterprise Singapore.

“Secara global, tidak ada merek makanan cepat saji yang berhasil menutup loop untuk kemasan sekali pakai dine-in,” kata siaran pers bersama oleh KFC dan TRIA. Kemasan nabati adalah campuran kertas dan bioplastik, yang dibuat dari tanaman berbasis gula seperti jagung industri dan ampas tebu sisa yang bersumber dari Amerika Serikat (AS), Thailand, dan Taiwan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Viral ditemukan kemasan plastik tak terurai meski sudah 19 tahun di lautan.


Sumber: https://www.liputan6.com/lifestyle/read/4993097/inovasi-kemasan-makanan-cepat-saji-bisa-didaur-ulang-jadi-pupuk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 Sampit

Subscribe dan Like!

Dapatkan informasi terbaru tentang Sampit secara realtime!

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2017 Sampit.ID