Inilah Kelebihan dan Kekurangan KTP Digital

Inilah Kelebihan dan Kekurangan KTP Digital

TEMPO.CO, Jakarta – Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri meluncurkan inovasi berupa KTP Digital yang akan diterapkan di seluruh wilayah Indonesia. Namun, sudah tahukah Anda, apa saja kelebihan dan kekurangan KTP Digital?

Mengutip stekom.ac.id, berikut kelebihan dan kekurangan dari kehadiran dan penerapan KTP Digital bagi penduduk Indonesia:

Kelebihan KTP Digital

1. Reformasi Birokrasi 

Penerapan sistem KTP Digital akan memutus rantai birokrasi yang rumit. Nantinya, sistem sinkronisasi dan sentralisasi data yang terintegrasi akan bermanfaat bagi penduduk, misalnya untuk urusan perizinan.

2. Mengurangi Risiko Pemalsuan Data Pribadi

Pemalsuan data pribadi menjadi kejahatan terorganisir yang beroperasi dalam kelompok untuk kepentingan tertentu. Bahkan, pemerintah Indonesia kerap dianggap lalai dalam melindungi data pribadi warga negara Indonesia sehingga hadirnya KTP Digital dapat menjadi sebuah solusi untuk masalah ini. Sebab, KTP menjadi identitas resmi penduduk sebagai bukti diri yang diterbitkan instansi pelaksana dan berlaku di seluruh wilayah Negara Indonesia, seperti dikutip disdukcapil.bontangkota.go.id

Lalu, di dalam KTP berisi data diri pribadi, termasuk Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang menjadi data terpenting untuk mengurus berbagai administratif, seperti mendaftar asuransi kesehatan, mengurus surat kehilangan di kepolisian, membuka rekening bank, dan sebagainya.

3. Lebih Fleksibel dan Nyaman

Hanya dengan gawai masing-masing, KTP Digital dapat digunakan di mana pun dan kapan pun. Para penduduk juga tidak perlu menggunakan KTP dalam bentuk fisik lagi karena semua orang bisa menggunakan KTP Digital dengan kode QR.

Kekurangan KTP Digital

1. Kelemahan Sistem yang Belum Memadai 

Meskipun menjadi sebuah solusi penyalahgunaan data pribadi, tetapi KTP Digital juga sangat rentan disalahgunakan oleh para penjahat karena adanya kelemahan sistem di dunia maya. 

2. Memerlukan Akses Internet

Penggunaan KTP digital tidak dapat dilakukan tanpa internet. Dengan begitu, sebagian penduduk menganggap penggunaan KTP Digital di Indonesia tidak tepat lantaran masih banyak daerah di Indonesia yang terisolir dari akses internet.

RACHEL FARAHDIBA R

fbq(‘track’, ‘ViewContent’);


Sumber: https://tekno.tempo.co/read/1681140/inilah-kelebihan-dan-kekurangan-ktp-digital

Leave a Reply

Copyright © 2023 Sampit

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2016-2022 Sampit.ID