Ini Syarat dan Cara Buat e-KTP Digital

Ini Syarat dan Cara Buat e-KTP Digital

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah memberlakukan Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) digital secara bertahap ke masyarakat umum.

E-KTP digital dapat diakses dengan mengunduh aplikasi “Identitas Kependudukan Digital.” Namun, saat ini aplikasi hanya dapat diakses dengan smartphone berbasis Android.

Diketahui, e-KTP digital adalah pengalihan e-KTP ke dalam smartphone dalam bentuk foto ataupun kode QR (Quick Response). Inovasi ini ditujukan untuk memudahkan masyarakat dalam mengolah dokumen yang memerlukan akses data kependudukan.

Namun, e-KTP digital tidak akan sepenuhnya menggantikan peran e-KTP sehingga masyarakat masih bisa menggunakannya. Ini karena Dukcapil akan menerapkan prinsip double track system services, pemberian layanan dengan dua jalur, yaitu layanan digital dan fisik manual.

Adapun, syarat yang perlu dipenuhi dalam membuat e-KTP digital, yaitu memiliki smartphone dan koneksi internet, serta dapat mengoperasikannya. Lantas, bagaimana langkah-langkah membuat e-KTP digital? Simak berikut ini.

Cara Membuat e-KTP Digital

1. Unduh aplikasi “Identitas Kependudukan Digital” melalui Play Store

2. Lakukan registrasi dengan melengkapi data Nomor Induk Kependudukan (NIK), email, dan nomor telepon

3. Verifikasi data yang dilakukan dengan teknologi face recognition atau pengenalan wajah

4. Kemudian, masukkan PIN aktivasi yang dikirimkan melalui email

5. Anda akan masuk ke laman utama dan dapat mulai mengakses data kependudukan masing-masing, seperti e-KTP Digital, Kartu Keluarga, dan Kartu Vaksinasi Covid-19.

Nantinya, setelah e-KTP digital diterapkan, maka data kependudukan Anda akan melekat pada smartphone yang digunakan. Jika smartphone hilang, maka Anda harus lapor ke Dukcapil setempat untuk segera mengalihkan e-KTP digital ke perangkat baru.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di
Bawah Ini :


Konten Premium





Sumber: https://kabar24.bisnis.com/read/20220922/15/1580264/ini-syarat-dan-cara-buat-e-ktp-digital

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 Sampit

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2016-2022 Sampit.ID