Ini Prediksi BMKG untuk Puncak Musim Hujan

Ini Prediksi BMKG untuk Puncak Musim Hujan

SAMPIT – Musim hujan pada 2022 datang lebih awal dibandingkan normalnya (September hingga November). Pada setiap daerah di Indonesia, awal musim hujan tahun ini berbeda-beda karena setiap pulau di Indonesia memiliki Zona Musim (ZOM) yang tidak sama.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi puncak musim hujan di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) akan terjadi pada Desember 2022.

“ZOM di Kalimantan yakni awal musim hujan pada Juli 2022, puncak musim hujan pada November hingga Desember 2022 dan akhir musim hujan pada Maret 2023,” kata Kepala BMKG Bandar Udara H Asan, Sampit, Musuhanaya, Jumat 21 Oktober 2022.

Berdasarkan analisis terkini, kondisi dinamika atmosfer di wilayah Indonesia masih cukup signifikan berpotensi mengakibatkan peningkatan potensi cuaca ekstrem. Mulai dari potensi curah hujan sedang-lebat, adanya kilat atau petir dan angin kencang, hingga potensi hujan lebat kategori siaga.

“Hari ini, berdasarkan Citra Satelit cuaca HIMAWARI-8 Infra Red Enhanced menunjukkan terdapat pertumbuhan awan signifikan di wilayah Kotim,” sebutnya.

Sementara untuk prakiraan curah hujan selama 24 jam dari 21-22 Oktober 2022 pukul 07.00 WIB berdasarkan model WRFDA (Weather Research and Forecasting Data Assimilation) berpotensi hujan ringan hingga sedang.

(dia/matakalteng.com)


Sumber: https://www.matakalteng.com/daerah/kotawaringin-timur/2022/10/21/ini-prediksi-bmkg-untuk-puncak-musim-hujan

Leave a Reply

Copyright © 2022 Sampit

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2016-2022 Sampit.ID