Ini alasan sebagian pengusaha dukung subsidi solar untuk Kalimantan dicabut – ANTARA News Kalimantan Tengah

Ini alasan sebagian pengusaha dukung subsidi solar untuk Kalimantan dicabut – ANTARA News Kalimantan Tengah


Sampit (ANTARA) – Munculnya suara pengusaha agar subsidi solar dicabut, ternyata bukan isapan jempol, karena diharapkan menjadi solusi agar pasokan solar benar-benar lancar, khususnya di Kalimantan Tengah. 

“Subsidi saat ini hampir dapat dikatakan tidak dirasakan manfaatnya, akibat kondisi di lapangan. Jadi kalau subsidi dicabut pun tidak ada masalah. Asal pasokan lancar. Kita lebih memilih kecepatan dan ketersediaan pasokan,” kata Penasihat DPD Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) Kalimantan Tengah, Zulkifli Nasution di Sampit, Sabtu. 

Pengusaha yang pernah menjabat Ketua Organda Kabupaten Kotawaringin Timur ini mengatakan, saat ini kendaraan angkutan barang masih kesulitan mendapatkan solar bersubsidi di SPBU. Informasi yang didapatnya, kondisi ini juga terjadi di provinsi-provinsi lainnya di Kalimantan. 

Zulkifli meminta pemerintah tidak mendua. Saat ini pemerintah tetap menyalurkan solar bersubsidi namun tidak diamankan distribusinya di SPBU karena diduga kuat masih ada pelangsir dan kendaraan bukan untuk angkutan yang menikmati solar tersebut. 

Menurutnya, pemerintah masih mempertahankan subsidi solar dengan tujuan membantu pelaku usaha. Namun faktanya, manfaat subsidi tersebut hampir tidak dirasakan. 

Kendala yang dihadapi, untuk mendapatkan solar di SPBU, truk harus antre bahkan 24 jam. Selain itu, diduga terjadi pungutan yang sangat memberatkan terhadap truk yang antre di SPBU oleh kelompok tertentu. 

Kondisi ini membuat pelaku usaha terbebani sehingga manfaat subsidi tersebut tidak dirasakan. Hal itulah yang akhirnya membuat pelaku usaha lebih memilih menggunakan Dexlite meski harganya lebih mahal yakni Rp18.150 per liter meski harga solar hanya Rp5.150 per liter. 

Menurut pengamatan ALFI, kata Zulkifli, diperkirakan sekitar 60 persen lebih armada angkutan barang di Sampit menggunakan dexlite. Kondisi yang mirip juga terjadi di Kalsel, Kalbar, Kaltim dan Kaltara. 

}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));


Sumber: https://kalteng.antaranews.com/berita/581357/ini-alasan-sebagian-pengusaha-dukung-subsidi-solar-untuk-kalimantan-dicabut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 Sampit

Subscribe dan Like!

Dapatkan informasi terbaru tentang Sampit secara realtime!

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2017 Sampit.ID