Inflasi Tembus Diangka 6,79 Persen, Pasar Murah Diharapkan Mampu Menekan Inflasi

Inflasi Tembus Diangka 6,79 Persen, Pasar Murah Diharapkan Mampu Menekan Inflasi

SAMPIT – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran melalui Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Kalteng Leonard S. Ampung mengatakan inflasi menembus di angka 6,79 persen di Kalteng. 

“Kami dari provinsi bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kotim melaksanakan kegiatan gerakan nasional pengendalian inflasi daerah yaitu melaksanakan pasar murah di Kota Sampit,” katanya, Selasa 6 September 2022.

Lanjutnya, kegiatan tersebut dalam rangka menjaga daya beli masyarakat dan salah satunya mengantisipasi dampak kenaikan bahan bakar minyak (BBM) serta untuk menekan inflasi. Pasalnya saat ini inflasi di Kalteng menembus di angka 6,79 persen.  

“Artinya itu warning bagi kita. Karena Kalteng tingkat inflasinya itu nomor 6 di Indonesia. Sehingga bagaimana menjaga daya beli masyarakat ini. Di Kalteng ada dua daerah yang menggelar pasar murah yaitu di Sampit dan Kapuas,” ucapnya. 

Ini ia katakan saat meninjau langsung pelaksanaan pasar murah di Taman Kota Sampit. Disebutnya, untuk Sampit ada sebanyak 3000 paket sembako yang dijual dengan harga murah atau mendapat subsidi. Sementara pelaksanaannya ada di tiga titik yaitu Taman Kota Sampit, Kecamatan Baamang dan di Kelurahan Ketapang.

Sehingga setiap titik ada 1000 paket sembako yang dijual untuk mereka yang telah menerima kupon dari panitia pelaksana. “Kami memberi subsidi sebesar Rp50 ribu per paketnya, sehingga warga bisa membeli setiap paketnya itu Rp 50 ribu dari harga asli yaitu Rp 100 ribu,” sebutnya. 

Tidak hanya itu, pasar murah juga menjual bahan pokok per item, seperti beras, bawang merah, telur, cabai, minyak goreng dan ikan segar. Sehingga masyarakat umum yang tidak memiliki kupon juga dapat menikmati bahan pokok dengan harga lebih murah dari harga pasaran. 

Dijelaskan, bahan pokok tersebut yang memicu inflasi di Kalteng. Dengan adanya pasar murah tersebut, diharapkan ada dampak dan efek psikologis bagi masyarakat.

“Sedangkan bagi pedagang bagaimana untuk tidak menimbun ataupun menaikan dari harga-harga di pasar. Dalamn minggu ini Gubernur dan pemerintah akan melaksanakan juga pasar murah serentak di semua 14 kabupaten dan kota di Kalimantan, untuk menekan inflasi,” tutupnya.

(dev/matakalteng.com) 


Sumber: https://www.matakalteng.com/daerah/kotawaringin-timur/2022/09/06/inflasi-tembus-diangka-679-persen-pasar-murah-diharapkan-mampu-menekan-inflasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 Sampit

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2016-2022 Sampit.ID