Inflasi Sampit Disebut Lampaui Amerika Serikat Ini Tanggapan Bps Kotim

Inflasi Sampit Disebut Lampaui Amerika Serikat Ini Tanggapan Bps Kotim

KLIK.SAMPIT – Badan Pusat Statistik (BPS) Kotawaringin Timur telah merilis tingkat inflasi di Sampit, bulan September 2022 lalu. BPS Kotim mencatat inflasi Sampit mencapai 8,85 persen ( year on year). 

Berdasarkan data BPS seluruh Indonesia, inflasi di Kota Sampit merupakan yang tertinggi di Indonesia. Selanjutnya, Kota Jayapura sebesar 8,62 persen. Kemudian Kota Padang sebesar 8,54 persen.

“Bulan depan insya Allah inflasi tahunan kita sudah turun. Ini arena efek kenaikan tarif PDAM terhadap inflasi tahunan di bulan Oktober sudah hilang,” jelas Kepala BPS Kotim, Eddy Surahman, Selasa (4/10).

Terkait inflasi Sampit yang disebut melebihi Amerika Serikat, menurut Eddy, perbandingan ini terlalu berlebihan. Namun menurutnya, sah-sah saja, dengan harapan ini menjadi motivasi bagi pemerintah daerah, terutama bagi Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) untuk terus menekan inflasi

Eddy Surahman mengatakan, inflasi tahunan sebesar 8,85 persen itu dipengaruhi oleh kenaikan tarif PDAM pada bulan Oktober 2021 lalu.  Dan ia optimis akan turun pada bulan Oktober ini yang nantinya akan diketahui bersama saat bulan November. 

“Namun perlu diperhatikan juga, inflasi tersebut akan menurun, sepanjang kondisi harga sejumlah komoditas yang lainnya bisa terjaga,” ujarnya. 

Untuk diketahui, kenaikan tarif PDAM tersebut memberikan andil sebesar 1,81 persen terhadap inflasi tahunan di Kota Sampit. Sedangkan inflasi bulanan Sampit perbandingan IHK September 2022 terhadap Agustus 2022 sebesar 1,43 persen.

Untuk bulan September 2022, Inflasi di Kota Sampit diterangkan Eddy terjadi karena adanya peningkatan harga yang ditunjukkan oleh naiknya indeks harga pada beberapa kelompok pengeluaran. 

Di antaranya, kelompok makanan, minuman, dan tembakau 0,52 persen, kelompok pakaian dan alas kaki  0,01 persen, kelompok perumahan, air, listrik, dan bahan bakar rumah tangga  0,56 persen,kelompok perlengkapan, peralatan, dan pemeliharaan rutin rumah  tangga 0,09 persen, kelompok kesehatan 0,06 persen ,kelompok transportasi 8,78 

persen, kelompok informasi, komunikasi, dan jasa keuangan 0,20 persen, kelompok 

pendidikan 0,05 persen, kelompok penyediaan makanan dan minuman/restoran 1,98 persen, dan kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya 0,48 persen.

“Beberapa komoditas yang mengalami peningkatan indeks harga pada September 2022 di antaranya bensin, beras, bahan bakar rumah tangga, daging ayam ras, kacang panjang, ayam goreng, bakso siap santap, kangkung, sabun mandi cair, dan tarif kendaraan travel,” tutupnya. (KLIK-RED)




Sumber: https://www.klikkalteng.id/baca/2022/10/04/27686/inflasi-sampit-disebut-lampaui-amerika-serikat-ini-tanggapan-bps-kotim

Leave a Reply

Copyright © 2022 Sampit

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2016-2022 Sampit.ID