Ikan Jadi Penyumbang Inflasi Kalteng

Ikan Jadi Penyumbang Inflasi Kalteng

SAMPIT, Palangka Raya – Kepala Dinas Kelaut dan Perikanan (Dislutkan) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Darliansjah menyampaikan, komoditas ikan segar menjadi penyumbang inflasi pada wilayah Kota Palangka Raya dan Kabupaten Kotawaringin Timur.

“Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik, kenaikan harga ikan terutama jenis nila, menjadi penyumbang inflasi di Kalimantan Tengah,” katanya, Rabu 21 September 2022.

Ia menuturkan, untuk menjaga stabilitas harga, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah telah melakukan intervensi harga ikan di pasaran, melalui pelaksanaan operasi pasar di seluruh kabupaten dan kota.

“Kita sudah melakukan pemetaan di kabupaten dan kota. Jenis ikan apa saja yang berpengaruh terhadap inflasi itu kita lakukan intervensi,” jelasnya.

Selain itu Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah juga terus berupaya memaksimalkan budidaya komuniti ikan unggulan, guna memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Yang menjadi kendala adalah pakan ikan, kita masih ketergantungan dengan provinsi tetangga. Sehingga, sangat berdampak sekali jika terjadi kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM),” tutupnya. (NOPRI/B-6)




Sumber: https://www.borneonews.co.id//berita/277475-ikan-jadi-penyumbang-inflasi-kalteng

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 Sampit

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2016-2022 Sampit.ID