Idealnya Warga Hanjalipan Harus Sudah Direlokasi

Idealnya Warga Hanjalipan Harus Sudah Direlokasi

SAMPIT – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) mengungkapkan, idealnya warga Desa Hanjalipan, Kecamatan Kota Besi, Kotim harus sudah direlokasi atau pindah sejak dulu.

“Kita tidak bisa memastikan banjir ini sudah masuk kategori bencana besar atau berbahaya, karena warganya sendiri dari tahun lalu tetap memilih untuk tinggal di daerah itu, padahal sudah ditawarkan solusinya agar pindah,” kata Kepala BPBD Kotim, Rihel, Jumat 21 Oktober 2022.

Menurutnya, harusnya warga sudah dipindahkan ke tempat yang jauh lebih aman terutama pada saat banjir besar terjadi seperti sekarang ini yang mencapai 2 meter lebih dari permukaan tanah.

“Kita tidak mengetahui alasan pasti mengapa warga tidak mau dipindahkan, bahkan di Desa Hanjalipan ini dahulu sudah disiapkan untuk relokasi dan sudah dibangunkan rumah untuk warga tersebut di seberangnya, namun sampai rumah itu usang dan hancur tidak ada warga yang mau pindah,” ungkapnya.

Sehingga kata Rihel, saat ini Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) bersama Bupati Kotim meminta data warga yang di bantaran sungai kepada camat-camat di Kotim sebagai data awal untuk kebijakan berikutnya.

“Apa di relokasi atau membuat rumah apung atau kebijakan lainnya nanti bagaimana maunya warga, agar tidak membuang-buang anggaran jika seandainya membangun rumah namun warga tidak mau pindah,” tegasnya.

Sementara Camat Kota Besi Gusti Mufaki mengatakan, banjir yang terjadi di Desa Hanjalipan mencapai ketinggian 2,40 meter. Dan banjir terjadi sudah hampir 7 pekan atau 2 bulan lamanya, bahkan sebagian warga desa sudah mengungsi.

“Ada 15 KK yang sudah mengungsi dari Desa Hanjalipan, sementara warga lainnya memilih untuk tetap bertahan di rumah mereka, dengan membuat panggung di dalam rumah agar bisa terhindar dari banjir ketika tidur,” ujarnya.

Lima desa lainnya yang berada di dekat dengan Desa Hanjalipan juga ikut terendam namun tidak setinggi Desa Hanjalipan, yakni dengan ketinggian 50 cm sampai 1 meter. Selain Desa Hanjalipan yang juga terendam yakni Desa Simpur, Palangan, Rasau Tumbuh, Pamalian dan Soren.

(dia/matakalteng.com)


Sumber: https://www.matakalteng.com/daerah/kotawaringin-timur/2022/10/21/idealnya-warga-hanjalipan-harus-sudah-direlokasi

Leave a Reply

Copyright © 2022 Sampit

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2016-2022 Sampit.ID