Hari Libur, Dispendukcapil Pemkab Jember Lakukan Layanan Jemput Bola

Hari Libur, Dispendukcapil Pemkab Jember Lakukan Layanan Jemput Bola

Pewarta: Moh. Ali Mahrus
| Editor: Sri Kurnia Mahiruni

JATIMTIMES – Guna memberikan layanan maksimal terhadap masyarakat, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Pemkab Jember, Minggu (20/11/2022) tetap memberikan layanan kepada masyarakat.

Tidak di kantor Dispenduk, layanan hari Minggu ini digelar di Kelurahan Sumbersari Jember.

Baca Juga :
Anugerah Desa Terbaik TIK Jadi Media Wujudkan e-Government

“Hari ini kami hadir di Kelurahan Sumbersari, untuk lebih dekat lagi ke masyarakat dalam memberikan kemudahan pelayanan serta ingin mengetahui sejauh mana  admindukcapil yang sudah dimiliki oleh masyarakat,” ujar Isnaini Dwi Susanti Kadispendukcapil Minggu (20/11/2022).

Santi panggilan dari Isnaini Dwi Susanti mengatakan, bahwa kegiatan hari libur ini merupakan layanan jemput bola, dimana tujuannya adalah untuk memvalidasi data yang dimiliki oleh warga, dimana banyak aduan dari warga yang menyatakan, jika NIK nya ganda.

“Kami tahu sering ke kantor itu ada yang mengatakan NIK nya ganda, karena banyak elemen data yang sudah 5 tahun tidak pernah direvisi. misalnya putranya sudah keluar dari SD masih tetap, terus kemudian kami ingin benar-benar tahu, apakah warga itu sudah meninggal atau ada yang lahir, yang intinya bahwa kami ingin data itu valid,” ungkapnya.

Oleh karena itu, dari program ini, sangat memungkinkan bagi pihak kelurahan maupun desa untuk berkolaborasi dalam pelayanan admindukcapil melalui pelayanan yang modern yakni digitalisasi.

“Nah kalau di kelurahan dan desa sudah ada layanan digital yaitu melalui Lahbako, sistem kami yang dititipkan desa dan kelurahan, kami yakin pelayanan lebih optimal. Sebab apabila warga tidak mempunyai whatshapp online dan tidak memiliki android, bisa menggunakan Lahbako. Tapi bagi mereka yang memiliki android, bisa langsung melalui SIP dan whatshapp online serta melalui Lahbako, yang kami kemas jadi satu yakni Si Vira,” imbuhnya.

Baca Juga :
Lomba Konten Kreator: 6 Langkah Jitu Puskesmas Bantur Tangani ODGJ

Sementara itu, Lurah Sumbersari Bharata Pragusta, mengatakan bahwa dengan hadirnya dispendukcapil di tempatnya sangat mempermudah warga untuk mengurusi adminduknya.

“Kami sangat berterima kasih ke Dispendukcapil Jember yang sudah hadir dan mempermudah masyarakat kami dalam mengurusi administrasi kependudukannya, dan masyarakat kami antusias sekali,” ujarnya.

Selain pengurusan admindukcapil, kelurahan sumbersari juga membuka stan vaksinasi ke warga yang belum melakukan vaksin. (*)




Sumber: https://jatimtimes.com/baca/278150/20221120/140600/hari-libur-dispendukcapil-pemkab-jember-lakukan-layanan-jemput-bola

Leave a Reply

Copyright © 2022 Sampit

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2016-2022 Sampit.ID