Hari Ini Pasar Murah di Sampit Siapkan 2.000 Paket Sembako Murah

Hari Ini Pasar Murah di Sampit Siapkan 2.000 Paket Sembako Murah

Sampit,kalselpos.com-Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Provinsi Kalimantan Tenhah, bersama pihak terkait menggelar pasar murah pada Selasa (6/9/2022) hari ini. Sedikitnya 2.000 paket sembako murah yang disiapkan untuk dijual kepada masyarakat.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kotim Zulhaidir mengatakan, pasar murah dilaksanakan di tiga lokasi, yaitu Taman Kota Sampit, Kantor Kecamatan Baamang dan Kantor Kelurahan Ketapang. Penjualan diberlakukan dengan sistem kupon, namun panitia tetap melayani pembelanja yang tidak mendapatkan kupon.

“Kalau harga normalnya itu Rp100 ribu per paket, tapi karena disubsidi pemerintah maka bisa dijual hanya dengan harga Rp50 ribu per paket. Mudah-mudahan ini bisa meringankan beban masyarakat,” kata Zulhaidir.

Kegiatan dilaksanakan mulai pukul 09.00 WIB sampai selesai. Jenis kebutuhan pokok yang dijual yaitu bawang merah, cabai, cabai rawit, telur ayam ras, beras, gula pasir dan minyak goreng.

Pasar murah yang digelar Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Kotim ini didukung oleh Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah serta Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah.

Ini merupakan upaya pemerintah daerah bersama pihak terkait untuk membantu masyarakat serta mencegah lonjakan inflasi. Saat ini inflasi di Sampit masih tidak tinggi namun antisipasi perlu dilakukan karena ada sejumlah komoditas yang mengalami kenaikan harga.

Sebelumnya pada 30 dan 31 Agustus lalu digelar operasi pasar untuk komoditas cabai, bawang merah dan telur ayam ras. Kegiatan ini disambut antusias masyarakat karena sangat membantu.

Dia menyebutkan, secara umum ketersediaan sembako di Kotim sampai saat ini masih aman. Hal yang terus pantau itu kalau ada komoditas yang harganya naik, maka perlu upaya agar tidak memicu kenaikan inflasi.

Zulhaidir menyebut, saat ini komoditas yang berpotensi memicu peningkatan inflasi adalah cabai rawit. Pasokan yang kurang lancar bisa membuat harganya melambung. Saat ini saja harga cabai rawit mencapai Rp70.000/kg padahal biasanya hanya Rp50.000/kg.

“Kegiatan pasar murah ini rencananya berlanjut ke setiap kecamatan. Kita tunggu saja. Harapannya agar melalui kegiatan ini harga terkendali membantu masyarakat,” pungkas Zulhaidir.

 

Sport.kalselpos.com

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com




Sumber: https://kalselpos.com/2022/09/06/hari-ini-pasar-murah-di-sampit-siapkan-2-000-paket-sembako-murah/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 Sampit

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2016-2022 Sampit.ID