Efektivitas Vaksin Covid-19 Semakin Menurun, Vaksin Booster Tingkatkan Lagi Imunitas

Efektivitas Vaksin Covid-19 Semakin Menurun, Vaksin Booster Tingkatkan Lagi Imunitas

Jumat, 2 September 2022 | 11:29 WIB

 | Penulis : 

, Redaktur : Kusnadi

Palangka Raya, InfoPublik – Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Kalimantan Tengah Brigjen TNI Sinyo mengatakan, saat ini booster pertama atau dosis ketiga Vaksin COVID-19 terus digencarkan oleh Pemerintah. Bahkan booster kedua atau vaksinasi keempat pun telah mulai berjalan bagi para tenaga kesehatan.

Hal tersebut sangat penting, mengingat efektivitas vaksin COVID-19 dalam mencegah penularan semakin lama makin rendah. Karena itu, peran vaksin booster dalam membentuk antibodi terhadap serangan COVID-19 sangat diperlukan untuk meningkatkan lagi imunitas tubuh.

Meski demikian, efektivitas vaksin Covi19 dalam mencegah efek Virus Corona yang berat termasuk kematian, sampai saat ini masih tinggi.

“Untuk itulah, kami terus dan selalu mengimbau agar semua lapisan masyarakat dapat melengkapi dosis vaksinnya hingga booster,” jelas Sinyo, Kamis (1/9/2022).

Sinyo menambahkan, terkait vaksinasi Covid-19 ini, ada satu pemahaman yang harus diluruskan di masyarakat. Bahwa sejatinya vaksin tidak ditujukan untuk mencegah penularan. Penularan tetap bisa terjadi apabila penerapan protokol kesehatan tidak dijalankan dengan benar.

“Tujuan utama dari vaksin adalah untuk menyiapkan sistem imun tubuh, sehingga ketika terinfeksi dampaknya tidak berat,” tambahnya.

Sinyo menjelaskan, vaksin akan bekerja secara optimal apabila diiringi dengan faktor penunjang lain, seperti protokol kesehatan, pola hidup sehat, hingga pemahaman informasi mengenai Covid-19.

“Jadi, vaksinasi memang bukanlah segalanya. Vaksin adalah salah satu upaya untuk menimbulkan antibodi terhadap suatu penyakit dan mencapai herd immunity, jadi bukan untuk mencegah penularan. Vaksin, masker, protokol kesehatan (prokes), makan sehat, tidur dan olahraga cukup, dan berdoa perlu menjadi satu kesatuan, kurang satu saja bisa menimbulkan celah untuk virus masuk ke dalam tubuh kita,” tuturnya.

Dalam upaya mempercepat capaian vaksin ini, lanjut Sinyo, pihaknya dari BINDA Kalteng sejak awal 2022 tadi telah melakukan kegiatan vaksinasi setiap hari di seluruh daerah di Provinsi Kalimantan Tengah.

Hingga akhir Agustus tadi, lebih dari 500 ribu orang telah berhasil divaksin dengan berbagai dosis.

“Pada vaksinasi kemarin, kami berhasil memvaksin 2.682 orang. Dan pada periode 15-31 Agustus 2022, jumlah capaian vaksinasi yang kami lakukan mencapai 17.374 orang,” kata Sinyo.

Adapun 2.682 orang yang mengikuti vaksinasi kemarin, masing-masing ada di Kabupaten Kapuas 363 dosis, Barito Utara 170 dosis, Barito Timur 224 dosis, Pulang Pisau 111 dosis, Gunung Mas 137 dosis, Seruyan 380 dosis, Katingan 443 dosis, Kotawaringin Barat 385 dosis, Kotawaringin Timur 269 dosis dan Palangka Raya 200 dosis. (mitradiskominfokalteng/ul)


  Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang, dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber InfoPublik.id


Sumber: https://infopublik.id/kategori/nusantara/663304/efektivitas-vaksin-covid-19-semakin-menurun-vaksin-booster-tingkatkan-lagi-imunitas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 Sampit

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2016-2022 Sampit.ID