DPRD Kotim minta pemkab serius telusuri dugaan pencemaran di Sungai Sampit – ANTARA News Kalimantan Tengah

DPRD Kotim minta pemkab serius telusuri dugaan pencemaran di Sungai Sampit – ANTARA News Kalimantan Tengah


Sampit (ANTARA) – Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah Rudianur meminta keseriusan pemerintah kabupaten dalam menelusuri dugaan pencemaran limbah di Sungai Sampit Kecamatan Mentaya Hilir Utara. 

“Kalau memang itu berasal dari limbah, pemerintah harus segera menindak tegas perusahaan yang memang dengan sengaja mengeluarkan limbah,” tegas Rudianur di Sampit, Sabtu. 

Harapan ini disampaikan Rudianur menanggapi keluhan masyarakat terkait dugaan tercemarnya Sungai Sampit oleh limbah industri. Dugaan itu muncul setelah masyarakat mendapati banyak ikan yang mati. 

Menurut Rudianur, masalah ini harus cepat ditindaklanjuti karena jika ternyata benar terjadi pencemaran limbah maka dikhawatirkan akan berdampak buruk terhadap masyarakat dan ekosistem di Sungai Sampit. 

Saat ini sebagian besar warga sejumlah desa yang dilintasi Sungai Sampit masih menggunakan air sungai itu untuk keperluan sehari-hari. Jika sungai tercemar limbah maka sangat berisiko berdampak terhadap kesehatan masyarakat yang menggunakan air sungai tersebut. 

Rudianur mengapresiasi Dinas Lingkungan Hidup sudah menurunkan tim untuk memeriksa sampel air Sungai Sampit. Hasilnya diharapkan diumumkan secara terbuka sehingga masyarakat tahu dan yakin. 

“Jangan main-main dengan limbah. Apapun hasil pemeriksaan itu nanti, harus diumumkan secara terbuka. Ini supaya semuanya menjadi jelas bagi masyarakat, pemerintah dan dunia usaha setempat,” ujar Rudianur. 

}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));


Sumber: https://kalteng.antaranews.com/berita/568209/dprd-kotim-minta-pemkab-serius-telusuri-dugaan-pencemaran-di-sungai-sampit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 Sampit

Subscribe dan Like!

Dapatkan informasi terbaru tentang Sampit secara realtime!

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2017 Sampit.ID