DPMD Kotim Ingatkan Kades Buat LPPD Akhir Jabatan, Jika Diabaikan Bisa Disanksi

DPMD Kotim Ingatkan Kades Buat LPPD Akhir Jabatan, Jika Diabaikan Bisa Disanksi

ARIFIN/BERITA SAMPIT – Sekretaris DPMD Kotim (berdiri) saat memberikan sambutan dihadapan kepala desa dan jajarannya di aula Mahaga Lewu DPMD Kotim, Kalteng.

SAMPIT – Tahun depan ada sekitar 77 kepala desa akan mengakhiri jabatannya dan supaya terhindar dari hal yang tidak diinginkan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah (Kalteng), mengadakan pembinaan dan sekaligus mengingatkan. Kegiatan dipusatkan di aula Mahaga Lewu Kantor DPMD setempat.

“Tujuan kegiatan ini untuk mengingatkan kepala desa mengenai Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Desa (LPPD) terutama menjelang akhir jabatan,” ucap Kepala DPMD Kotim melalui sekretaris Yudi Aprianur pada saat memberikan sambutan di Fasilitas Pembinaan Kepala Desa Kotim 2022, Selasa 6 September 2022.

Dia menyebutkan, sesuai data di DPMD Kotim ada 77 kepala desa.yang akan mengakhiri masa jabatan pada tahun 2023, sehingga kegiatan ini dipandang perlu dan penting untuk disampaikan langsung kepada kepala desa yang bersangkutan.

“Kami hanya mengingatkan, apabila LPPD ini ternyata diabaikan bisa dikenakan sanksi karena laporan ini kewajiban kepala desa,” tegas Yudi yang juga pernah menjabat sekretaris Disdagperin Kotim ini.

Menurutnya, LPPD ini merupakan kontrol dan disampaikan langsung kepada Bupati Kotim melalui camat secara tertulis paling lambat 5 bulan sebelum akhir jabatan kepala desa.

“Ada empat LPPD yang wajib disampaikan secara tertulis yakni, LPPD akhir tahun anggaran, LPPD akhir masa jabatan, laporan keterangan penyelenggaraan pemerintah desa akhir tahun anggaran, dan informasi penyelenggaraan pemerintah desa,” jelas Yudi.

Dia menambahkan, pihaknya hanya sebatas memberikan pembinaan dan mengingatkan agar kepala desa yang akan  berakhir masa jabatan supaya mempersiapkan diri untuk membuat laporan tersebut mulai dari sekarang.

“Kalau tidak diingatkan mulai sekarang, kami khawatir bisa lupa karena sudah ada kejadian pada tahun sebelumnya, ketika menjelang mengakhiri jabatan laporan wajib itu tidak disampaikan,” pungkasnya. (ifin)

(Visited 7 times, 7 visits today)




Sumber: https://beritasampit.co.id/2022/09/06/dpmd-kotim-ingatkan-kades-buat-lppd-akhir-jabatan-jika-diabaikan-bisa-disanksi/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 Sampit

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2016-2022 Sampit.ID