Doa Syukur Peringatan Imlek 2574 Kongzili Umat Khonghucu Berjalan Lancar

Doa Syukur Peringatan Imlek 2574 Kongzili Umat Khonghucu Berjalan Lancar

SAMPIT – Perayaan dan doa syukur Imlek 2023/2574 Kongzili di Kota Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) oleh umat agama Khonghucu di Klenteng Harmoni Kehidupan yang ada Jalan MT Haryono, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kotim  berjalan lancar. 

Berdasarkan pantauan wartawan ini, pelaksanaan doa syukur dilakukan sekitar pukul 20.00 WIB sampai 20.50 WIB dan dipimpin langsung oleh ketua yayasan atau pendeta agama Khonghucu Wenshi Suhardi bersama para jamaat kurang lebih berjumlah 50 orang dan merupakan jamat yang ada sekitar Kotim khususnya Kota Sampit. 

“Merupakan ibadah yang khusus yaitu penaikan doa khusus, untuk memperingati perayaan tahun baru imlek yang termasuk dalam ibadah besar dalam agama Khonghucu khususnya ibadah besar kepada tuhan,” kata Tokoh Agama sekaligus pendeta umat Khonghucu Kotim, Wenshi Suhardi, Senin 23 Januari 2023.

Lanjut Suhardi, ini merupakan bentuk  doa khusus untuk mensyukuri apa yg telah tuhan karuniakan sepanjang tahun yg lalu, dan memohon, diberi kekuatan, kemampuan, untuk menghadapi dan menjalani tahun yang akan datang, dengan damai sentosa.

Setelah ini akan ada ibadah lanjutan yang disebut dengan sembahyang sujud kepada  tuhan yang intinya sama, bersyukur kepada tuhan, yang akan dilakukan seminggu setelah ibadah ini dilakukan.

“Perayaan imlek kali ini berjalan dengan lancar, kondusif, tentunya saya sebagai badan majelis berterima kasih, kepada seluruh aparat terkait yang telah menyukseskan dan turut berkontribusi dalam perayaan imlek tahun ini,” ujarnya. 

Secara kuantitas jemaat tahun 2574 Kongzili atau tahun 2023 ini lebih banyak dibandingkan tahun lalu, karena tahun lalu ada pembatasan karena covid jadi tidak bisa melaksanakan ibadah secara bersama-sama. Untuk, itu juga perlu diketahui, nanti setelah 15 hari selanjutnya akan ada perayaan Cap Go Meh yang jatuh, 15 Februari 2023.

(gus/matakalteng.com) 


Sumber: https://www.matakalteng.com/daerah/kotawaringin-timur/2023/01/23/doa-syukur-peringatan-imlek-2574-kongzili-umat-khonghucu-berjalan-lancar

Leave a Reply

Copyright © 2023 Sampit

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2016-2022 Sampit.ID