Disperdagin Kotim Gelar Business Matching Tingkatkan P3DN dan Pengendalian Inflasi

Disperdagin Kotim Gelar Business Matching Tingkatkan P3DN dan Pengendalian Inflasi

ILHAM/BERITA SAMPIT – Sekda Kotim Fajrurrahman, didampingi Ketua DPRD Kotim Rinie dan Kepala Disperdagin Kotim Zulhaidir, saat mengunjungi stan di kegiatan Business Maching, yang digelar di Rim’s Ball Room Sampit. Rabu 7 Desember 2022.

SAMPIT – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin), menggelar kegiatan Business Matching dengan tujuan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) dan juga upaya pengendalian inflasi di daerah ini.

Kegiatan sendiri dihadiri peserta baik dari Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kotim, Kadin Provinsi Kalimantan Tengah, Kadin Jawa Timur, Perwakilan Dinas Perdagangan Kabupaten Seruyan serta pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), bertempat di gedung Rin’s Ball Room, Rabu 7 Desember 2022.

“Pengendalian inflasi itu kalau dalam jangka pendek kita lakukan lewat operasi pasar, pasar penyimbang dan pasar murah. Sedangkan jangka menengahnya kaitan dengan kerjasama antar daerah dan ini yang mau kita tingkatkan,” kata Kepala Disperdagin Kotim Zulhaidir.

Dia juga memaparkan, bahwa seharusnya dalam kegiatan tersebut ada penandatanganan beberapa kerjasama dengan Kabupaten lain, seperti dari Kabupaten Ponorogo, Provinsi Jawa Timur.

“Ponorogo telah siap melakukan kerjasama dari daging, bawang dan beras serta berbagai komuditi lainnya mereka siap, nanti kita akan membantu dari sisi ongkos angkutnya, kebetulan ada kewajiban pemerintah supaya harga yang disana tetap sama dengan yang disini,” terang Zulhaidir.

Sedangkan berkaitan dengan P3DN, dalam kegiatan ini para peserta yang hadir akan diberikan pembekalan dan pemahaman melakui narasumber yang telah didatangkan oleh panitia.

Sementara, Ketua Kadin Kotim Susilo mengungkapkan bahwa kegiatan Business Matching ini sangat bermanfaat memberikan ruang gerak bagi pelaku usaha di daerah, terutama di Kabupateb Kotim.

“Saya mengapresiasi setinggi-tingginya melalui Disperdagin mengajak Kadin kolaborasi dalam kegiatan ini. Namun sayang dari Provinsi Kaltara, Kalsel dan Jawa Timur tak bisa hadir karena terkendala di transportasi udara,” ucapnya

Menurutnya, potensi UMKM dan  ekonomi terbaik ada di Kotim. Bahkan pada G20 di Bali yang dipercaya melawakili Kalteng adalah Kotim.

“Saya harap Kegiatan Ini bukan simbol serimoni, namun ini adalah kesuksesan ekonomi di Kotim,” tegasnya.

Sedangkan dalam sambutannya Bupati Kotim Halikinnor, melalui Sekretaris Daerah Fajrurrahman menyampaikan kegiatan ini bisa berkelanjutan dalam upaya  meningkatkan kerjasama antar daerah.

“Kerjasama daerah yang difasilitasi teman-teman Kadin Jawa Timur perlu diaparesiasi dan terus ditingkatkan,” pungkasnya. (ilm)

(Visited 3 times, 3 visits today)




Sumber: https://beritasampit.co.id/2022/12/07/disperdagin-kotim-gelar-business-matching-tingkatkan-p3dn-dan-pengendalian-inflasi/

Leave a Reply

Copyright © 2023 Sampit

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2016-2022 Sampit.ID