Dishub Kotim Batasi Waktu Operasional Angkutan Barang Dalam Kota Sampit

Dishub Kotim Batasi Waktu Operasional Angkutan Barang Dalam Kota Sampit

KLIK.SAMPIT – Dinas Perhubungan Kotawaringin Timur waktu operasional bagi kendaraan angkutan barang di dalam Kota Sampit. Hal ini bertujuan mengurangi tingkat kecelakaan akibat banyaknya kendaraan angkutan yang beroperasi di dalam kota.

Kepala Dinas Perhubungan Kotawaringin Timur, Johny Tangkere menjelaskan, pembatasan ini berdasarkan Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan. 

“Kami melakukan pembatasan jam operasional kendaraan itu ,” kata Johny, Selasa (6/9).

Menurut Johny, pembatasan waktu operasional tersebut untuk terwujudnya pelayanan lalu lintas dan angkutan jalan yang aman, lancar dan tertib.

“Tidak hanya itu saja hal tersebut juga dilalukan untuk meminimalisasi kecelakaan lalu lintas yang melibatkan kendaraan angkutan barang,” ujarnya. 

Ditambahkannya, saat ini Jalan Lingkar Kota Selatan masih dalam perbaikan, oleh karena itulah kendaraan angkutan barang masih melintas di dalam Kota Sampit. Ini memperbesar potensi terjadinya kecelakaan lalu lintas. 

Adapun batasan waktu operasional kendaraan angkutan yaitu pukul 06.00 hingga pukul 07.30 dan pukul 13.00 hingga pukul 14.00. 

“Ini merupakan operasional jam sibuk masyarakat dan pada jam keberangkatan anak-anak sekolah, dan berangkat bekerja,” ucapnya.

Adapun titik penjagaan yang akan ditempatkan petugas yakni di pertigaan Lingkar Kota Utara – Jalan Tjilik Riwut, Jalan Pramuka – Pertigaan Lingkar Kota Utara, Bundaran Balanga dan Jalan HM Arsyad Bundaran KB.

“Tiga titik merupakan lalu lintas dan masuknya kendaraan muatan besar ke dalam Kota Sampit. Penjagaan ini akan kami lakukan dua sesi yaitu pagi dan siang hari,” katanya. 

Pihaknya berharap dengan adanya pemberlakuan pembatasan jam operasional ini bisa mengurangi terjadinya kecelakaan lalu lintas, khususnya di dalam Kota Sampit.

“Dengan begitu para orang tua juga tidak perlu khawatir lagi saat menjemput anaknya dengan kendaraan muatan besar yang berlalu lintas,” tutupnya.(KLIK-RED)




Sumber: https://www.klikkalteng.id/baca/2022/09/07/13876/dishub-kotim-batasi-waktu-operasional-angkutan-barang-dalam-kota-sampit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 Sampit

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2016-2022 Sampit.ID