Dishub Kotim Akan Tutup Jalan Kota Jika Kendaraan Angkutan Tetap Tidak Ikuti Aturan 

Dishub Kotim Akan Tutup Jalan Kota Jika Kendaraan Angkutan Tetap Tidak Ikuti Aturan 

SAMPIT – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) akan menutup jalan Kota Sampit, jika kendaraan angkutan barang tidak tetap mengikuti aturan yang diberlakukan oleh pihaknya. 

“Peraturan tertib operasi angkutan barang yang melintas di dalam Kota Sampit itu mulai hari ini kami sosialisasikan sampai dua minggu kedepan,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kotim, Johny Tangkere, Selasa 6 September 2022.

Sosialisasi itu dilakukan untuk menumbuhkan kesadaran para driver kendaraan angkutan barang untuk tertib dan menaati peraturan yang akan diberlakukan itu. Agar terwujudnya pelayanan lalu lintas dan angkutan jalan yang aman, selamat, tertib, lancar, dan sebagai upaya dalam meminimalisir kerawanan kecelakaan lalu lintas yang melibatkan kendaraan angkutan barang. 

Namun ditegaskan, jika setelah imbauan telah dilakukan dan ada sopir yang tetap tidak mengikuti aturan itu dan mengakibatkan terjadinya kecelakaan, pihaknya tidak segan-segan melakukan penutupan jalan Kota Sampit bagi kendaraan angkutan barang. 

“Sekarang mereka masih bisa melintas namun ada jam yang tidak bisa dan itu harus diikuti. Tapi berdasarkan perbincangan saya dengan salah satu sopir, mereka mengerti dan akan menuruti saja kok,” ujarnya. 

Dijelaskan Johny, sejauh ini yang menjadi keluhan masyarakat kendaraan angkutan barang masuk dalam kota . Sehingga, pihaknya meminta kerjasama dari para driver mengikuti kebijakan tersebut. 

“Jadi saya minta kepada mereka disaat pagi hari silakan ngopi-ngopi dulu sambil sarapan, nanti kalau sudah pukul 08.00 baru melintas. Siang salat dan makan siang, kalau pukul 02.00 baru lanjut lagi. Mudahan kedepan tumbuh kesadaran itu,” imbuhnya. 

Diketahui untuk meminimalisir kerawanan kecelakaan lalu lintas yang melibatkan anak sekolah / pelajar serta masyarakat khususnya pada jam keberangkatan anak sekolah/pelajar dan jam sibuk masyarakat, Pemkab Kotim menetapkan pembatasan jam operasional lintasan angkutan barang khususnya angkutan Galian C (Tanah, Pasir Urug), CPO, TBS, Kontainer dan kendaraan pengangkut alat berat, agar tidak melintasi ruas–ruas jalan dalam Kota Sampit Pada Jam 06.00–07.30 Wib dan 12.00–14.00 Wib.

(dev/matakalteng.com) 


Sumber: https://www.matakalteng.com/daerah/kotawaringin-timur/2022/09/06/dishub-kotim-akan-tutup-jalan-kota-jika-kendaraan-angkutan-tetap-tidak-ikuti-aturan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 Sampit

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2016-2022 Sampit.ID