Disdukcapil Katingan Jemput Bola Perekaman Data Kependudukan

Disdukcapil Katingan Jemput Bola Perekaman Data Kependudukan

“Dalam waktu dekat petugas kami akan melakukan perekaman di Desa Tumbang Habangoi dan Tumbang Tangoi,” ucap pria yang pernah menjabat Camat Kamipang Katingan.

Dia menyampaikan sistem jemput bola dilakukan berdasarkan permintaan camat dan kepala desa. Alasannya, instansi teknis harus melihat seberapa besar masyarakat yang membutuhkan perekaman dan ingin mengurus administrasi dokumen kependudukan. Jika semakin banyak orang yang bermohon, maka akan diprioritaskan.

Dalam pelaksanaan, biasanya sekitar sembilan hingga sepuluh orang petugas yang bekerja, terdiri dari tiga bidang. Pertama bidang pelayanan pencatatan sipil yang fokus dalam kepengurusan akta perceraian, kelahiran dan kematian.

Selanjutnya bidang pendaftaran penduduk yang berfokus dalam kepengurusan KTP, Kartu Keluarga dan identitas anak. Terakhir bidang IT yang berfokus dalam operasi dan manajemen teknologi. Ketiga bidang ini merupakan satu kesatuan dan saling sinkron dalam pelayanan jemput bola di desa.

“Sistem ini diterapkan dengan maksud memberi kemudahan pelayanan sekaligus meringankan, baik dari sisi waktu maupun biaya kepada masyarakat yang berada di pedesaan dalam mengurus dokumen kependudukan,” demikian Sukartie Alijat.

ANTARA




Sumber: https://www.borneonews.co.id//berita/261052-disdukcapil-katingan-jemput-bola-perekaman-data-kependudukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 Sampit

Subscribe dan Like!

Dapatkan informasi terbaru tentang Sampit secara realtime!

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2017 Sampit.ID