Direktur BPJS Kesehatan Apresiasi Transformasi Multi Layanan Pasien di RS Mardi Rahayu Kudus – ISKNEWS.COM

Direktur BPJS Kesehatan Apresiasi Transformasi Multi Layanan Pasien di RS Mardi Rahayu Kudus – ISKNEWS.COM

Kudus, isknews.com – Melaksanakan kunjungan kerja di Kabupaten Kudus, direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan BPJS Kesehatan RI, dr. Lily Kresnowati, M.Kes, menyaksikan langsung implementasi dan pemanfaatan antrean online di Fasilitas Kesehatan RS Mardi Rahayu.

Dalam kesempatan tersebut, Lily Kresnowati, M.Kes, memberikan apresiasi kepada RS Mardi Rahayu Kudus terkait upaya transformasi muti layanan bagi peserta JKN agar lebih mudah, cepat dan setara.

“Antrean online di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama/FKTP dan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat lanjut/FKRTL merupakan salah satu dari Revitalisasi implementasi transformasi digital BPJS Kesehatan yang bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi peserta dalam menjangkau akses layanan kesehatan,” terangnya, Rabu (31/05/2023).

Salah satu yang mendapat perhatian adalah proses pendaftaran pasien di RS Mardi Rahayu yang sudah bisa dilakukan secara online. Dengan menunjukkan KTP atau NIK, pasien sudah bisa mendapatkan antrean untuk berobat.

“Tak boleh lagi dimintai fotokopi atau apapun saat mendaftar. Cukup menunjukkan KTP atau NIK, langsung bisa mendaftar,” kata Lily.

Dengan demikian, layanan bisa semakin cepat dan antrean bisa dipersingkat. Apalagi jika telah menggunakan antran online melalui aplikasi mobile JKN,  maka pasien tak perlu menunggu waktu lama dan tinggal datang ke RS saat jam dilayani.

Sementara, terkait kesetaraan pelayanan, kata Lily, sudah tidak boleh lagi ada perbedaan layanan bagi pasien BPJS atau pasien umum. Pelayanan yang dilakukan harus benar-benar sama. Bahkan Ketika ruang inap sesuai kelas pasien sudah penuh, pasien bisa pindah ke kamar yang kelasnya lebih tinggi tanpa kena biaya, kecuali ada permintaan kenaikan kelas.

“Perlu diketahui, 83 persen pasien rumah sakit kini adalah peserta BPJS. Jadi, jika ada diskriminasi terhadap pasien BPJS, hal tersebut justru akan merugikan RS itu sendiri, pelayanan yang cepat dan mendorong fasilitas kesehatan untuk mengoptimalkan layanan digitalnya sehingga pelayanan faskes kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional/JKN menjadi mudah, cepat dan setara,” tukas dia.

Dijelaskan, bahwa saat ini, pemanfaatan integrasi sistem antrean online oleh Fasilitas Kesehatan, pemanfaatan Aplikasi Mobile JKN, dan peningkatan kualitas data serta peningkatan ekosistem digital bukan hanya memudahkan peserta namun juga untuk Fasilitas Kesehatan.

Sementara itu, Direktur Utama RS Mardi Rahayu, dr. Pujianto, M.Kes menyampaikan terima kasih karena RS Mardi Rahayu telah dipilih sebagai salah satu Fasilitas Kesehatan yang ditinjau karena kesiapan RS untuk mendukung program BPJS Kesehatan dalam Transformasi Mutu Layanan sehingga dapat memberikan pelayanan yang mudah, cepat, dan setara kepada setiap peserta JKN.

“Diharapkan seluruh pasien peserta JKN dapat memanfaatkan aplikasi Mobile JKN, sehingga waktu tunggu dan antrean di RS semakin singkat, serta pasien memperoleh pelayanan yang mudah dan cepat,” terangnya.

Dalam kunjungan direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan BPJS Kesehatan RI tersebut disampaikan juga bahwa di RS Mardi Rahayu pasien peserta JKN di Pendaftaran Rawat Jalan telah difasilitasi dengan adanya 3 mesin Anjungan Pendaftaran Mandiri (APM) berikut 3 alat scanning sidik jari dan didukung 9 alat scanning sidik jari di 9 loket pendaftaran.

“Pasien peserta JKN yang akan kontrol dapat langsung menuju APM, untuk melakukan perekaman sidik jari/enrollment (bila belum pernah sebelumnya) dan verifikasi sidik jari, lalu mencetak SEP serta nomor antrean periksa Klinik Dokter Spesialis dan menuju Nurse Station untuk pemeriksaan tekanan darah dan tanda vital lainnya, kemudian dapat langsung menuju ke Klinik Dokter Spesialis untuk pemeriksaan maupun tindakan pengobatannya,” tandasnya. (YM/YM)




Sumber: https://isknews.com/direktur-bpjs-kesehatan-apresiasi-transformasi-muti-layanan-pasien-di-rs-mardi-rahayu-kudus/

Leave a Reply

Copyright © 2023 Sampit

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2016-2022 Sampit.ID