Dinas PUPRPKP Kembali Lakukan Penebangan Pohon Tua

Dinas PUPRPKP Kembali Lakukan Penebangan Pohon Tua

SAMPIT – Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman  (DPUPRPKP) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) kembali melakukan penebangan pohon yang dinilai sudah tua dan rapuh di dalam Kota Sampit.

Sejumlah pohon besar yang ada di sekitaran Jalan A Yani yang dinilai mudah tumbang segera ditebang oleh petugas dari DPUPRPKP. Pasalnya hal itu dapat membahayakan warga yang melintas, apalagi akhir-akhir ini Kota Sampit sering dilanda angin kencang. 

“Pohon yang sudah berusia tua dan rawan tumbang kami tebang. Selain antisipasi saat cuaca ekstrem ini juga sekaligus menata kota agar lebih rapi,” ungkap Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Jalan, Drainase dan Pertamanan DPUPRPKP Kotim Slamet Giartono, Rabu 15 Juni 2022. 

Menurutnya, banyak pohon yang kondisinya lapuk karena tua dan mati, sehingga layak dipangkas dan ditebang. Namun sebelumnya, pihaknya sudah memantau ke beberapa lokasi jalan, yang keberadaan pohon-pohon dinilai rawan tumbang baru kemudian melakukan penebangan atau pemangkasan.

“Meski sudah mengetahui lokasi-lokasi pohon yang mudah tumbang atau tua, kami tidak bisa melakukan penebangan atau pemangkasan sekaligus. Karena harus melalui pengamatan dan juga waktu saat menebang. Apalagi kami juga harus menutup jalan sementara waktu saat melakukan penebangan,” ujarnya.

Hal itu tambah Slamet, guna menjaga keamanan para pengguna jalan sehingga tidak diperbolehkan melintas saat dilakukan penebangan. Hal ini juga ujarnya yang memakan waktu cukup lama. Maka dari itu masyarakat diimbau agar tetap waspada saat melintas di jalanan yang banyak terdapat pohon-pohon besar, terutama pada saat angin kencang dan hujan deras. 

“Jadi ini sebagai langkah cepat merawat dan memotong pohon yang dianggap rawan tumbang. Selain menjaga keselamatan warga, sekaligus sebagai upaya menata kembali keindahan Kota,” tandasnya.

(dia/matakalteng.com)


Sumber: https://www.matakalteng.com/daerah/kotawaringin-timur/2022/06/15/dinas-puprpkp-kembali-lakukan-penebangan-pohon-tua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 Sampit

Subscribe dan Like!

Dapatkan informasi terbaru tentang Sampit secara realtime!

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2017 Sampit.ID