Dinas Dukcapil Tunggu Petunjuk Teknis Penggunaan NIK sebagai NPWP

Dinas Dukcapil Tunggu Petunjuk Teknis Penggunaan NIK sebagai NPWP

MATARAM-Penggunaan nomor induk kependudukan (NIK)  sebagai nomor pokok wajib pajak (NPWP) diberlakukan secara bertahap.

“Secara teknis kami belum tahu seperti apa penerapannya. Kita masih menunggu regulasi terkait petunjuk teknis pelaksanaannya,” kata Kepala Dukcapil Kota Mataram H Amran M Amin, pekan lalu.

Diutarakan, penggunaan NIK sebagai NPWP sebagai salah satu tindak lanjut Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 83 yang menyebutkan segala sesuatu yang berurusan dengan pelayanan publik harus berdasarkan NIK. Atas dasar itulah terbit Peraturan Menteri Keuangan yang mengamanatkan hal yang sama sebagai tindak lanjut pelaksanaan Perpres tersebut. “Prinsipnya kita siap mendukung dan melaksanakan kebijakan pemerintah sesuai dengan ketentuan yang ada,” ujar Amran.

Jika Dukcapil menerima juknis pelaksanaan kata dia, pihaknya akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat sebagai salah satu bentuk tanggung jawab pelaksanaan program tersebut. Sehingga warga mengetahui cara mengintegrasikan NIK ke NPWP masing-masing. “Tujuan program penggabungan NIK dengan NPWP untuk mensinergikan data dan informasi yang terkumpul di beberapa kementerian bisa tercapai,” ujar Amran.

Selain itu lanjut dia, agar masyarakat bisa tertib membayar pajak. “Jadi kemungkinan setiap warga yang sudah memiliki penghasilan secara otomatis langsung membayar pajak,” imbuh Amran.

Sekdis Dukcapil H Hasmin menambahkan, untuk regulasi terkait penggunaan NIK menjadi NPWP sudah beres di Dukcapil. Hanya saja sekarang bolanya ada di Kementerian Keuangan terkait bagaimana menerapkannnya. “Kalau masalah uang urusannya di Kementerian Keuangan, bukan di kita,” katanya. (jay/r3)




Sumber: https://lombokpost.jawapos.com/metropolis/01/08/2022/dinas-dukcapil-tunggu-petunjuk-teknis-penggunaan-nik-sebagai-npwp/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 Sampit

Subscribe dan Like!

Dapatkan informasi terbaru tentang Sampit secara realtime!

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2017 Sampit.ID